Ngotot Buka Ekspor Benih Lobster Meski Banyak Ditentang, Menteri KKP Edhy Prabowo Ungkap Alasannya
Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengungkapkan alasannya berkeras mengubah kebijakan era Susi Pudjiastuti dan membuka keran ekspor benih lobster.

WowKeren - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo diketahui telah membuka keran ekspor benih lobster. Kebijakan ini sempat mendapat penolakan dari berbagai pihak, salah satunya dari mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Kini Menteri Edhy pun mengungkapkan alasannya berkeras mengubah kebijakan era Susi dan membuka keran ekspor benih lobster. Menurut politisi Parta Gerindra tersebut, ekspor benih lobster penting karena banyak nelayan yang hidupnya bergantung pada budidaya komoditas tersebut.

"Kebijakan yang kami lakukan ini sebenarnya sudah kami rencanakan jauh sebelum COVID-19," tutur Edhy dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI pada Senin (6/7). "Izin ini ingin memfasilitasi bagaimana masyarakat yang tadinya hidupnya terganggu dari menangkap benih lobster ini bisa hidup kembali."

Kebijakan ini sempat ditolak karena ada kekhawatiran lobster akan punah jika diekspor. Edhy pun menjelaskan bahwa satu lobster dapat bertelur hingga 1 juta ekor sekaligus jika sedang musim panas.


"Satu ekor lobster itu bisa bertelur sampai 1 juta dan di daerah yang musim panasnya hanya 4 bulan itu bisa sampai 4 kali bertelur, ini hasil penelitian di Tasmania," jelas Edhy. "Indonesia ini adalah daerah yang banyak mataharinya sepanjang tahun musim panas."

Menurut Edhy, jumlah tersebut jauh dari perkiraannya. Ia juga menyebut bawha kemungkinan tingkat hidup lobster sangat kecil apabila ditinggal di alam.

"Saya sangat yakin seandainya lobster kita tinggalkan di alam, kehidupan di alam itu dia hanya bisa besar 0,02 persen saja. Jadi 20 persen ekspor benih lobster itu dia akan jadi dewasa hanya 1 ekor," terang Edhy. "Sementara kalau di budidaya bisa sampai 30 persen dan ini bisa dilakukan secara tradisional."

Hal ini yang menjadi alasan Edhy ngotot membuka keran ekspor benih lobster. Hingga kini, sudah ada 31 perusahaan yang terverifikasi untuk ekspor benih lobster.

"Sudah ada 31 perusahaan yang diverifikasi, yang diumumkan hanya 26 dan kita terus berkembang," pungkas Edhy. "Laut kita terlalu luas, wilayah kita terlalu besar dan sektor ini adalah yang saya sangat yakin akan menghasilkan nilai ekonomi."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait