Istana Tetap Gelar Upacara 17 Agustus, Paskibraka Diklaim Cuma 3 Orang
Nasional
HUT RI ke-75

Nantinya, upacara bendera tetap akan digelar di halaman Istana Merdeka. Namun, jumlah peserta upacara tersebut akan dibatasi, termasuk jumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

WowKeren - Istana Kepresidenan tetap akan menggelar acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang. Namun, peringatan HUT RI tahun ini akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan demi mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (6/7) kemarin. Peringatan HUT RI tahun ini juga akan lebih menitikberatkan pada aktivitas virtual mengingat pandemi corona masih melanda Indonesia.

"Perayaan hari ulang tahun ke- 75 Republik Indonesia tetap harus hikmat, mensyukuri nikmat kemerdekaan," terang Pratikno di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. "Namun, kita lakukan secara sederhana dengan kemeriahan yang tetap, antusiasme masyarakat yang tetap tinggi, kreativitas dan inovasi juga tetap, hanya saja sesuai dengan protokol kesehatan yang aman dari COVID-19."

Nantinya, upacara bendera tetap akan digelar di halaman Istana Merdeka. Namun, jumlah peserta upacara tersebut akan dibatasi, termasuk jumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

"Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas," ungkap Pratikno. "Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir di situ termasuk Paskibraka, tapi terbatas."


Para tamu undangan diharapkan mengikuti upacara HUT RI di Istana secara virtual. Termasuk juga masyarakat yang biasanya menyaksikan langsung proses upacara dari luar Istana Merdeka.

"Ini tidak berarti partisipasi masyarakat terbatas," kata Pratikno. "Kami harap sebagaimana edaran disampaikan seluruh rakyat Indonesia kami harap aktif terlibat upacara tersebut secara virtual."

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa anggota Paskibraka di upacara HUT RI nantinya hanya berjumlah tiga orang saja. Ditambah satu orang anggota cadangan.

"Paskibraka kami bersepakat hasil keputusan kolegial mempertimbangkan kondisi, Paskibraka hanya tiga plus cadangan," ungkap Heru dilansir Kumparan pada Selasa (7/7). "Itu akan kami ambil dari Paskibraka 2019 yang pada saat itu tidak naik. Yang inti 2019 tidak muncul, ini ada cadangan kita ambil."

Adapun seleksi tahunan anggota Paskibraka memang ditiadakan tahun ini karena pandemi. Hal tersebut juga telah dikoordinasikan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak merekrut di 2020," pungkas Heru. "Karena sekali lagi kita sayangi kesehatan nyawa masyarakat dan protokol kesehatan yang harus kita junjung tinggi demikian."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts