Jangan Buru-buru Minum Obat, Intip 7 Tips Berikut Untuk Atasi Kram Perut Saat Menstruasi
Lifestyle

Rasa nyeri hingga kram perut ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan obat-obatan. Namun jika tak ingin menggunakan obat-obatan, sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang bisa dilakukan.

WowKeren - Rasa nyeri dan kram di area perut menjadi hal yang normal ketika para wanita sedang menstruasi. Dalam dunia medis disebut dismenore adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid. Nyeri biasanya muncul pada awal masa menstruasi, tepatnya di perut bagian bawah.

Rasa nyeri ini bervariasi, bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri haid semakin terasa karena peningkatan prostaglandin, hormon yang memicu otot rahim terus berkontraksi dan menimbulkan mual, diare, lemas dan sakit kepala.


Semakin banyak prostaglandin yang diproduksi, maka nyeri haid semakin terasa. Rasa nyeri hingga kram perut ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan obat-obatan. Namun jika tak ingin menggunakan obat-obatan, sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut tim WowKeren sudah rangkum. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kompres Air Hangat


Kompres Air Hangat

Kompres air hangat bagian yang sakit menjadi hal yang klasik namun ampuh. Menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat ke area perut yang kram selain meredakan rasa sakit, juga bisa membuat kalian lebih rileks. Panas yang dihantarkan ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.

Selain itu, panas membantu otot rahim dan organ di sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram dan ketidaknyamanan. Kalian juga dapat menempatkan bantal pemanas di punggung bawah untuk menghilangkan sakit punggung. Kalian bisa berendam dalam air hangat yang membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki. Namun jangan terlalu lama ya.

2. Aktif Bergerak


Aktif Bergerak

Jika kalian berpikir bahwa saat menstruasi kalian tidak boleh banyak bergerak, maka kalian salah besar. Faktanya, dengan aktif bergerak dan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.

Olahraga berat mungkin tidak dianjurkan saat kamu merasa kesakitan, tetapi peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga akan membantu. Beberapa olahraga ringan sebagai cara mengatasi kram perut saat menstruasi yang dapat kalian lakukan adalah, berjalan-jalan, yoga, dan sebagainya.

3. Ubah Pola Makan


Ubah Pola Makan

Pola makan juga mempengaruhi intensitas kram perut kalian saat menstruasi. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan asam amino omega-3, protein yang rendah lemak (lean protein), kacang-kacangan, biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Kalian juga dapat mempertimbangkan penggunaan suplemen asam amino omega-3, vitamin E, vitamin B-1, magnesium, dan vitamin B-6. Sebab, suplemen-suplemen tersebut dapat membantu mengatasi kram perut saat haid. Kalian juga perlu mengurangi konsumsi garam karena garam dapat mengakibatkan pengumpulan cairan dalam tubuh yang menyebabkan kembung.

4. Minum Sesuatu Yang Hangat


Minum Sesuatu Yang Hangat

Selain memberikan sensasi hangat dari luar dengan kompres, kalian juga bisa memanjakan perut dengan sesuatu yang hangat dari dalam. Minuman hangat seperti wedang atau teh herbal bisa jadi pilihan. Teh herbal dapat digunakan sebagai alternatif cara mengatasi kram perut saat haid yang dirasakan saat periode menstruasi.

Rasa hangat dan nyaman yang ditimbulkan dapat membantu menenangkan diri kalian. Beberapa kandungan herbal di dalamnya juga mungkin dapat membantu mengurangi kram perut yang dirasakan. Beberapa jenis teh herbal yang dapat kalian beli di pasaran adalah chamomile, dandelion, dan sebagainya.

5. Pijat Ringan Perut Yang Sakit


Pijat Ringan Perut Yang Sakit

Mendapatkan pijatan lembut di area atas perut juga dapat merilekskan otot-otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum memijat, kamu bisa mengoleskan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit agar lebih mudah.

Pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit dapat menurunkan kram sebanyak 90 persen. Kalian juga dapat menggunakan essential oil yang dapat memberi efek tenang pada pikiran.

6. Banyak Minum Air


Banyak Minum Air

Saat haid, kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya untuk memberi rasa dan menggugah selera. Hal ini karena salah satu penyebab yang dapat memperparah kram perut saat menstruasi adalah dehidrasi.

Oleh karenanya, tingkatkan konsumsi cairan kalian dan kurangi konsumsi kafein yang dapat membuat dehidrasi. Kalian juga perlu mengurangi konsumsi garam karena garam dapat mengakibatkan pengumpulan cairan dalam tubuh yang menyebabkan kembung.

7. Lakukan Konsultasi Dengan Dokter


Lakukan Konsultasi Dengan Dokter

Apabila kram perut yang dialami saat menstruasi tidak kunjung hilang dan makin menyakitkan, meskipun kalian sudah menerapkan cara mengatasi kram perut saat menstruasi, maka konsultasikanlah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan pemberian penanganan yang tepat.

Rasa kram saat menstruasi bisa disebabkan adanya gangguan pada sistem reproduksi wanita. Namun, kondisi ini biasanya dibarengi dengan gejala-gejala yang lebih serius lainnya. Jika kamu mengalami nyeri haid yang tidak wajar serta mengalami gejala-gejala abnormal lainnya, periksakan kepada dokter untuk diidentifikasi ya.

Intip juga beberapa makanan yang baik banget dikonsumsi saat menstruasi dan bisa redakan nyeri dalam artikel ini. Simak juga kebiasaan sepele yang sering kalian lakukan saat menstruasi dan bisa membahayakan kesehatan di sini.

You can share this post!

Related Posts