Menkes Terawan Komentari Kalung Antivirus Corona Buatan Kementan
Nasional

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto angkat berbicara mengenai kehebohan kalung antivirus corona produk Kementan yang diklaim bisa menangkal COVID-19.

WowKeren - Kementerian Pertanian (Kementan) akan meluncurkan kalung yang diklaim dapat menjadi antivirus corona. Namun rencana tersebut rupanya mendapatkan kritikan dari sejumlah pihak. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto lantas angkat berbicara mengenai kalung pro kontra kalung tersebut.

Menkes Terawan mengaku jika dirinya belum mempelajari terkait rencana Kementan yang akan memproduksi kalung antivirus corona mulai bulan depan. Ia mengatakan dirinya belum melihat secara detaik terkait efektivitas kalung tersebut dalam menangkal virus corona.

Terawan bahkan mengatakan jika dirinya sama sekali tidak mengetahui isi kalung tersebut. “Kalung dan sebagainya saya malah belum terlalu mempelajari isinya apa,” ungkap Terawan dalam video yang disiarkan di kanal YouTube Kompas, Senin (6/7).

Meski belum mengetahui jenis dan fungsi kalung tersebut, Terawan memberikan apresiasinya. Ia mengatakan bukan tidak mungkin jika kalung buatan Kementan tersebut memiliki manfaat di tengah pandemi virus corona ini.

Seperti yang diketahui, kalung antivirus tersebut berisi Eucalyptus (kayu putih) sehingga dinamakan 'Antivirus Corona, Eucalyptus'. Produk ini merupakan hasil buatan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan yang rencananya akan diproduksi bulan depan.


Kalung yang berisi tanaman herbal eukaliptus tersebut diklaim dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Hal ini jika dikaitkan secara psikologis maupun mental, maka seseorang yang memakai kalung antivirus tersebut akan tersugesti dengan hal-hal baik.

Terawan lantas menjelaskan jika sugesti tersebut bisa memiliki dampak positif bagi seseorang. “Yang penting adalah kalau itu membuat secara psikologis dan mentality percaya dan yakin ya imunnya naik,” terang Terawan.

Lebih lanjut Terawan menjelaskan jika daya tahan dan tubuh yang kuat tidak cukup untuk menghadapi ancaman virus corona. Menurutnya, badan sehat juga harus diimbangi dengan mental yang baik dan positif.

Terawan menjelaskan jika daya tahan seseorang akan menurun drastis jika sering merasakan kesedihan dan kekhawatiran yang berlebihan. Oleh sebab itu, ia menekankan pentingnya pikiran yang positif sehingga daya tahan tubuh juga bisa meningkat dan semakin kuat.

”Menghadapi situasi COVID-19 ini kan bukan sekedar badan sehat saja tapi mental harus sehat,” jelas Terawan. “Sehingga imunnya naik, kalau imunitas turun karena kesedihan meskipun makan banyak, khawatir banyak.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait