Kabulkan Keinginan Trump, PBB Umumkan AS Keluar dari WHO
Dunia

Pengumuman itu dibagikan setelah PBB menerima pemberitahuan resmi keputusan Presiden AS Donald Trump, yang ingin negaranya keluar dari keanggotaan WHO lebih dari sebulan yang lalu.

WowKeren - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa negara Amerika Serikat akan meninggalkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 6 Juli 2021 mendatang. Pengumuman itu dibagikan setelah PBB menerima pemberitahuan resmi keputusan Presiden AS, Donald Trump, lebih dari sebulan yang lalu.

"Sekretaris Jenderal sedang dalam proses verifikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia apakah semua persyaratan untuk penarikan seperti itu dipenuhi," kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, dilansir dari Reuters pada Rabu (8/7).

Trump harus memberikan pemberitahuan satu tahun sebelum keluar atas keputusannya menarik AS dari lembaga PBB yang berbasis di Jenewa itu. Dalam resolusi bersama Kongres AS 1948, Washington harus membayar dukungan keuangan dan saat ini negara tersebut berutang kepada WHO lebih dari 200 juta dolar AS.

AS memutuskan untuk keluar dari WHO setelah lebih dari 70 tahun keanggotaan. Trump menuduh badan kesehatan dunia tersebut menjadi boneka Tiongkok di tengah pandemi virus corona (COVID-19) yang mewabah ke seluruh penjuru dunia. Seperti yang diketahui, virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, yang kemudian dengan cepat menyebar ke negara-negara lainnya.


Bukan hanya itu, Trump bahkan menuding jika virus corona bersumber dari laboratorium Institut Virologi Wuhan, alih-alih berasal dari kelelawar seperti yang diklaim oleh Tiongkok. Trump juga menyerukan penyelidikan independen ke laboratorium tersebut untuk membuktikan klaimnya, yang sayangnya ditolak tegas oleh Tiongkok.

Trump sendiri telah menghentikan pendanaan untuk organisasi beranggotakan 194 negara itu pada April. Dalam suratnya pada 18 Mei lalu, Presiden berusia 74 tahun itu memberi kesempatan kepada WHO selama 30 hari untuk berkomitmen melakukan reformasi. Dia mengumumkan AS akan berhenti dari keanggotaan WHO kurang dari dua pekan kemudian.

"Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kami hari ini akan mengakhiri hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia," kata Trump kala itu.

Di sisi lain, Trump sendiri memang sudah berulangkali menuai kontroversi akibat keputusannya untuk keluar dari sejumlah organisasi dunia. Sejak menjabat, Trump telah menarik AS keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, badan budaya PBB, perjanjian global untuk menangani perubahan iklim, dan kesepakatan nuklir Iran. Dia juga telah memotong dana populasi PBB dan lembaga PBB yang membantu para pengungsi Palestina.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait