Kangen Band Jadi Objek Penelitian Salah Satu Profesor dari Universitas Ternama di Luar Negeri
Musik

Kangen band saat ini tidak lagi aktif di panggung musik Tanah Air. Meski begitu, musik Kangen Band ternyata membuat seorang profesor asal Monash University tertarik untuk menelitinya.

WowKeren - Kangen Band pernah berjaya dengan lagu-lagu soal cinta yang dibalut dengan genre pop melayu pada masanya. Meski kini sudah tak sepopuler dulu, Kangen Band rupanya sanggup menarik perhatian seorang akademisi di Monash Univeristy Malaysia untuk menjadikannya subjek penelitian.

Dilansir dari Liputan6.com, sebuah artikel dari jurnal akademis International Journal of Culture Studies muncul ke permukaan setelah twit “Tell Me Something I Don’t Know” diunggah pengguna Twitter. Twit ini menyatakan bahwa Kangen Band pernah menjadi subjek penelitian dari seorang akademisi, Dr. Emma Baulch, PhD.


Dalam artikel berjudul “Longing Band Play at Beautiful Hope” tersebut, Emma menuliskan soal bagaimana masyarakat mengkonsumsi lagu dan panggung Kangen Band, serta bagaimana Kangen Band mendapatkan label ‘pop Melayu’ yang dianggap sebagai pembeda kelas musik pop Indonesia di awal 2000-an. Pada awal karier Kangen Band, dalam artikel akademis Emma, disebut bahwa lagu-lagu mereka sudah hadir di ruang publik seperti mal, siaran radio, dan dijual di emperan.

Menurut Emma, kontrak dengan Warner Music Indonesia terbukti sukses melambungkan nama Kangen Band dari “band yang bukan siapa-siapa” menjadi bintang pop pada pertengahan 2000-an. Emma Baulch sendiri adalah Associate Professor di Fakultas Media dan Komunikasi, Monash University cabang Malaysia. Beliau memang sudah melakukan banyak studi terhadap berbagai fenomena budaya di Indonesia, khususnya musik.

Menanggapi munculnya artikel akademis ini, Managing Director Warner Music Indonesia, Toto Widjojo memberikan komentarnya. menurut Toto, penelitian mengenai Kangen Band yang dibuat oleh Emma Baulch membuktikan bahwa karya dari band tersebut memang banyak diminati.

"Dari fenomena Kangen Band, maka kita akan mengetahui betapa luasnya penggemar musik di Tanah Air. Betapa banyaknya talenta di negeri ini, dan seiring dengan berjalannya waktu, karya-karya Kangen Band tetap banyak dinikmati oleh penggemar musik," pungkas Toto. "Bahkan membuat Dr. Emma Baulch, PhD dari Monash University, membuat sebuah tulisan yang sangat menarik tentang Kangen Band."

(wk/amel)

You can share this post!