Ketika Undangan Makan Malam Trump Ditolak Bos-bos Perusahaan AS Karena Takut Corona
Dunia

Sejumlah elite perusahaan besar di Amerika Serikat (AS) menolak menghadiri undangan makan malam dari Gedung Putih dengan alasan khawatir karena ada seorang pejabat yang positif terkena Corona (COVID-19).

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk menggelar makan malam bersama dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan 52 tamu penting di Ruang Timur Gedung Putih. Diketahui, para tamu yang diundang adalah elite-elite dari perusahaan besar di Negeri Paman Sam.

Sayangnya, undangan tersebut mendapatkan beberapa penolakan dengan alasan takut apabila ada seorang tamu yang dinyatakan positif corona (COVID-19). Dilansir Reuters, Kepala Biro Pertanian AS Zippy Duvall dinyatakan positif COVID-19 pada hari Rabu pagi. Dia disebut sempat mengalami demam dan batuk, Duvall sendiri disebut tidak menghadiri makan malam.

Adapun elite yang menolak undangan tersebut adalah CEO otomotif Detroit Jim Hackett dari Ford Motor Co, Mary Barra dari General Motors Co, dan Mike Manley dari Fiat Chrysler. Padahal ketiga perusahaan ini akan mendapat manfaat dari peluncuran kesepakatan perdagangan baru AS-Meksiko-Kanada yang menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Berdasarkan daftar hadir pada acara makan malam itu, Ford mengirim kepala operasi Amerika Utara, Kumar Galhotra. Sementara GM mengirim penasihat umum, Craig Glidden. Namun, tidak ada eksekutif Fiat Chrysler yang hadir.


Meski begitu, beberapa CEO AS dilaporkan hadir, mulai dari Jeff Martin dari Sempra Energy, Bob Swan dari Intel Corp, David Abney dari United Parcel Service Inc, Leon Topalian dari Nucor Corp, James Taiclet dari Lockheed Martin Corp, dan Steven Schwarzman dari Blackstone Group.

Kemudian, para CEO dari Meksiko yang hadir adalah CEO Grupo Empresarial Angeles Olegario Vazquez, Ketua Grupo Financiero Banorte Carlos Hank Gonzalez, serta co-CEO Grupo Televisa Bernardo Gomez. Ada juga taipan Meksiko Carlos Slim, yang memiliki America Movil. Perusahaannya mengendalikan jaringan telekomunikasi terbesar Meksiko.

Menurut laporan Reuters, dalam acara makan mewah itu Trump telah menolak untuk mengenakan masker di depan umum, begitu juga jajarannya. Padahal, otoritas New Jersey pada hari Rabu memerintahkan masker wajah untuk dipakai di depan umum.

Selain itu dalam scara Webcast Gedung Putih sebelum makan malam juga disebut tidak menerapkan prinsip social distancing, dengan peserta duduk berdekatan satu sama lain dan hanya beberapa yang mengenakan masker.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru