Pertama di Dunia, Mahasiswa Jepang ini Raih Gelar Master Ninja
SerbaSerbi

Mie University merupakan kampus pertama di dunia yang meneliti soal Ninja. Kelas umum program studi Ninja dibuka pada 2018 dan lulusan pertamanya adalah pria bernama Genichi Mitsuhashi.

WowKeren - Apa yang kamu pikirkan bila mendengar kata Ninja? Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin berpikir bahwa Ninja hanya tokoh fiksi yang ada di cerita atau film. Namun, Ninja di dunia nyata benar-benar ada di Jepang.

Mie University yang berlokasi di Jepang memiliki program studi Ninja. Gelar Master Ninja pertama kali diraih oleh pria bernama Genichi Mitsuhashi. Pria berusia 45 tahun tersebut menghabiskan waktu 2 tahun untuk meraih gelar itu.

Mitsuhashi mempelajari seni bela diri dan tradisi seorang Ninja. Selain itu, ia juga mempraktikkan kehidupan sebagai Ninja. "Aku (Ninja) kerja sebagai petani di pagi hari dan berlatih bela diri di siang hari," ujar Mitsuhashi mengutip dari Japan Times.


Tak hanya belajar ilmu ninja di kelas, Mitsuhashi juga menanam sayur dan berlatih teknik bela diri. Ia pun belajar kung fu dan seni bela diri khas Jepang, shorinji kempo. "Dengan cara ini, menurutku aku bisa belajar menjadi ninja sesungguhnya," imbuhnya.

Kemampuan yang dimiliki Mitsuhashi juga diajarkan di klub dojo miliknya di tengah-tengah kesibukannya sebagai mahasiswa program studi Ninja. Untuk diketahui, Mie University merupakan kampus pertama di dunia yang meneliti soal Ninja sejak 2017.

Mie University mulai membuka kelas untuk umum pada 2018. Berlokasi sekitar 350 kilometer dari Tokyo, kampus ini terletak di wilayah Iga yang dikenal sebagai rumah para ninja. Untuk mendaftar di program studi tersebut, calon mahasiswa harus menjalani serangkaian tes.

"Sekitar tiga mahasiswa baru tiap tahunnya. Kami mendapat banyak pendaftar dari luar negeri. Tapi aku harus menegaskan satu hal, program studi ini bertujuan untuk mempelajari tentang kehidupannya, bukan menjadi seorang ninja," ujar Yuji Yamada selaku profesor program studi Sejarah Jepang dan pengurus Pusat Studi Ninja di Mie University.

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts