Masih Pandemi, Satgas COVID-19 PDGI Beber Prosedur Berobat ke Dokter Gigi Yang Aman
Health

Pengobatan langsung ke dokter gigi menjadi hal yang dilarang selama pandemi virus Corona karena tingginya risiko penularan wabah. Namun ada prosedur supaya pemeriksaan gigi tetap berjalan aman.

WowKeren - Pandemi virus Corona memaksa sejumlah aspek kehidupan mengalami penyesuaian. Termasuk diantarnya praktik dokter gigi yang jadi terhambat lantaran tingginya risiko penularan.

Namun bagaimana bila harus berobat ke dokter gigi saat sedang pandemi seperti saat ini? Satuan Tugas COVID-19 Pengurus Besar (PB) Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Rahmi Amitha pun memberi bocoran.

Menurutnya, konsultasi langsung dan pengobatan ke dokter gigi tetap boleh dilakukan semasa pandemi Corona namun harus dalam kondisi darurat. Misalnya saja ketika mengalami nyeri gigi yang tak tertahankan, trauma karena kecelakaan, dan perdarahan yang tak terkontrol.

"Jadi, syarat utama kalau mau ke dokter gigi hanya keadaan darurat saja," terang Rahmi kala mengisi webinar, Rabu (8/7). "Kalau yang biasa-biasa, semuanya dialihkan ke telemedicine karena perawatan gigi itu risikonya tinggi sekali sebab berhubungan langsung dengan aerosol atau air liur pasien."


Selain itu, ada perbedaan pola pemeriksaan pula di era pandemi seperti sekarang. Sebab setiap pengobatan ke dokter gigi diwajibkan melakukan penjadwalan terlebih dahulu dan tidak bisa langsung datang untuk minta ditangani.

"Harus janjian, tidak bisa langsung datang dan ditangani begitu saja. Jadi kalau memang sudah mendesak, segera hubungi klinik atau rumah sakit untuk appointment," tuturnya, seperti dilansir dari Tempo, Kamis (9/7).

Menurut Rahmi, hal ini dilakukan demi mengurangi potensi terjadinya penularan virus Corona dalam praktik dokter gigi. Seperti pasien dan dokter yang harus dalam kondisi kesehatan yang baik serta selalu menerapkan pola hidup bersih agar tidak menularkan atau tertular COVID-19.

"Dari segi pasien harus higienis dan sehat, begitu pula dengan para petugas kesehatan. Dokter gigi akan menggunakan APD lengkap," jelas Rahmi. "Tempat praktik seperti rumah sakit dan klinik juga akan dipastikan selalu bersih agar pasien nyaman selama berobat. Keduanya harus bekerjasama untuk kesehatan semua."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait