Istiqlal Tiadakan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi COVID-19
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan Masijd Istiqlal tidak akan menggelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah secara berjamaah. Keputusan ini sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19.

WowKeren - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan jika Masjid Istiqlal tidak akan menggelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah secara berjamaah di tengah pandemi virus corona (COVID-19). "Istiqlal tidak menggelar Salat Idul Adha 10 Zulhijjah 1441 H," kata Fachrul dalam keterangan resminya usai rapat bersama dengan Menko PMK, Menteri Kesehatan, BNPB, dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Kamis (9/7).

Keputusan tersebut diambil oleh Kemenag semata-mata karena alasan kesehatan bagi para jemaah. "Berstatus sebagai Masjid Negara, Salat Idul Adha di Istiqlal bisa dipastikan akan diikuti oleh puluhan ribu peserta," ujar Fachrul.

Ia menyatakan kondisi itu akan menyulitkan para petugas untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. "Jika jemaah harus tes suhu misalnya, tentu akan butuh waktu lama jika harus dilakukan pada puluhan ribu jemaah," terangnya. "Prosesnya juga tidak mudah karena akses keluar masuk juga harus dibatasi seiring penerapan protokol kesehatan."


Selain itu, Fachrul juga mengatakan jika proses renovasi di Istiqlal masih terus berlangsung. Ia merinci renovasi Masjid terbesar di Asia Tenggara itu sudah memasuki tahap finalisasi.

Sebelumnya, Fachrul sempat menyebut Masjid Istiqlal kemungkinan besar akan menyelenggarakan Salat Idul Adha meski di tengah pandemi virus corona tahun ini. Hal tersebut diutarakan dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bahkan Fachrul menyebut salat Idul Adha juga bakal menjadi momen pembukaan kembali Istiqlal.

Sementara itu, Pemerintah telah merilis Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-alam Corona Virus Disease (COVID-19). Surat edaran tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts