Cegah Kanker Hingga Redakan Stres, Ini 8 Khasiat Menakjubkan Buah Sirsak Untuk Kesehatan
Health

Di balik rasanya yang nikmat, buah sirsak memiliki sejumlah khasiat menakjubkan untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Buah sirsak merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah dengan daging kenyal ini memiliki rasa yang sedikit asam dengan sensasi menyegarkan. Buah sirsak sering dikonsumsi langsung maupun dijadikan jus atau campuran es buah.

Di balik rasanya yang nikmat, buah sirsak ternyata memiliki sejumlah khasiat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah sirsak memiliki banyak nutrisi baik seperti karbohidrat, kalori, protein, lemak, serat, vitamin C, B1, B2, B6, folat, riboflavin, asam pantotenat, niasin, thiamin dan masih banyak lagi.

Karena itulah buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penasaran apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker


Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Shutterstock

Khasiat pertama yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah sirsak secara rutin adalah terhindar dari penyakit kanker. Di dalam buah sirsak terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang bersifat antikanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari Biochemistry and Molecular Biology di University of Nebraska Medical Center, buah sirsak mampu memasuki metabolisme sel kanker lalu menghentikan perkembangannya secara total.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kandungan acetogenin di dalam buah sirsak memiliki sifat mirip kemoterapi tanpa efek samping yang dapat memperkecil ukuran tumor. Kandungan ini bekerja dengan cara memotong aliran darah agar tak sampai masuk ke dalam sel abnormal. Dengan begitu, sel abnormal tidak akan berkembang biak lebih pesat.

2. Menyembuhkan Infeksi


Menyembuhkan Infeksi
Shutterstock

Buah sirsak juga dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan infeksi yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan sirsak kaya akan vitamin C yang bersifat antiparasit dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit.

Selain itu jika Anda menderita radang sendi, sebaiknya gosokkan ramuan sirsak ke arah yang sakit untuk meredakannya. Sifat penyembuhan ini didapat dari komponen antiradang di dalam sirsak yang juga dapat meningkatkan fleksibilitas sendi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Unsplash/Tam Wal

Di masa pandemi seperti saat ini, penting bagi kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik agar tak mudah terjangkiti virus Corona. Salah satu caranya mengkonsumsi buah sirsak secara rutin. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin C, B1 dan B2 yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun dan menstimulasi pembentukan sel darah putih.

Di samping rutin mengkonsumsi buah sirsak, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan diri di manapun Anda berada. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penularan virus Corona.

4. Mengobati Asam Urat


Mengobati Asam Urat
Shutterstock

Manfaat berikutnya dari buah sirsak adalah untuk mengobati asam urat. Hal ini didapat dari daunnya yang memiliki kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin serta asam linoleat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak secara rutin. Caranya, rebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua dengan tiga gelas air mineral. Jika ingin mendapatkan manfaatnya secepat mungkin, usahakan untuk meminumnya setiap pagi hari.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Menjaga Kesehatan Pencernaan
YouTube/StrawberryPatches

Dalam setiap 100 gram daging buah sirsak terkandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari. Dengan tingginya kandungan serat tersebut, buah sirsak dapat meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus menjaga kadar gula tetap stabil.

Di samping itu, kandungan alkaloid dan kuinolon di dalam buah sirsak yang termasuk dalam komponen antiperadangan mampu mengurangi parasit di usus. Dengan begitu, rasa nyeri dan sakit di perut akan jauh berkurang.

6. Memperkuat Tulang


Memperkuat Tulang
Rawpixel

Perlu diketahui bahwa buah sirsak mengandung mineral, kalsium dan fosfor yang dapat mempertahankan kekuatan tulang. Dengan begitu, buah ini juga dapat mencegah osteoporosis dan tulang keropos.

Selain itu, buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang mengalami menopause. Langkah ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi tulang dari penipisan estrogen.

7. Menyehatkan Kulit


Menyehatkan Kulit
Vitapix

Bagi Anda yang ingin selalu menjaga kesehatan kulit sebaiknya konsumsi buah sirsak secara rutin. Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Dengan begitu, berbagai tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit akan berkurang.

Selain itu, daun buah sirsak juga dapat Anda manfaatkan untuk menyembuhkan berbagai gangguan pada kulit. Caranya cukup mudah, sebab Anda hanya perlu menempelkan daun sirsak segar pada kulit yang bermasalah. Lakukan cara ini secara rutin maka penyakit kulit Anda akan sembuh secara perlahan.

8. Meredakan Stres


Meredakan Stres
Unsplash/Francisco Moreno

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari buah sirsak adalah untuk meredakan stres. Hal ini dikarenakan sirsak memiliki sifat antiperadangan yang bisa membuat seseorang merasa tenang saat menderita stres berlebihan atau gangguan kecemasan. Selain itu, manfaat menenangkan dari buah ini juga dapat membantu Anda mengatasi insomnia loh.

Demikian delapan khasiat menakjubkan buah sirsak untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat air rebusan kacang hijau untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui berbagai manfaat menakjubkan dari buah pisang dengan menyimak artikel berikut ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait