Biar Tetap Aman, Terapkan 7 Tips Ini Saat Membawa Bayi Keluar Rumah di Era New Normal
Getty Images/Anthony Kwan
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Jika Anda berniat keluar rumah di era new normal sambil membawa anak bayi, sebaiknya terapkan tujuh tips berikut ini untuk mencegah penularan virus Corona.

WowKeren -

Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di mana aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu demi mencegah penyebarluasan virus Corona.

Di era ini, Anda yang memiliki bayi mungkin sangat ingin pergi keluar rumah. Entah untuk sekedar menyegarkan pikiran, membeli berbagai keperluan si kecil atau mengajak anak berjemur bersama. Hal ini memang wajar, karena tak mudah menghabiskan waktu di dalam rumah selama tiga bulan lamanya sambil mengurus si kecil.

Apa Anda juga memiliki keinginan untuk keluar rumah bersama si kecil? Jika iya, pastikan untuk selalu berhati-hati demi menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi Anda agar tak mudah tertular virus Corona. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan beberapa tips aman keluar rumah dengan membawa bayi yang tertuang dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Lingkungan yang Aman Saja


Pilih Lingkungan yang Aman Saja

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah tentang pemilihan lokasi tujuan. Sebaiknya pilih lingkungan yang aman dalam artian tidak terlalu ramai jika berniat mengajak bayi keluar rumah. Jika tujuan Anda keluar rumah adalah untuk berjemur, halaman rumah adalah tempat paling aman. Sebab dengan begitu Anda bisa meminimalisir pertemuan dengan orang lain dan mencegah penularan virus Corona.

Namun jika Anda benar-benar harus pergi ke ruang publik, pastikan untuk berangkat di jam-jam sepi saja. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerumuman dan pertemuan dengan banyak orang. Selain itu, usahakan untuk pergi dengan keluarga serumah saja, baik itu suami maupun anak-anak yang lain. Hindari bertemu dengan keluarga lain atau bahkan menemui teman-teman Anda.

2. Disiplin Menjaga Jarak


Disiplin Menjaga Jarak
Getty Images

Physical distancing merupakan salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter saat Anda berada di ruang publik dengan si kecil.

Misalnya ketika Anda pergi ke mal, usahakan untuk memilih jalur yang sepi pengguna. Hindari mengunjungi restoran atau toko yang sedang ramai pengunjung dan jangan menggunakan lift. Hal ini penting dilakukan demi mencegah kerumunan yang dapat meningkatkan risiko tertular virus Corona.

3. Letakkan Bayi di Stroller dan Pakaikan Face Shield


Letakkan Bayi di Stroller dan Pakaikan Face Shield

Alih-alih menggendong bayi, sebaiknya letakkan dia di dalam stroller. Cara ini dinilai lebih aman karena dapat meminimalisir risiko bayi tertular Corona akibat droplet orang sekitar. Sebaiknya pilih stroller yang memiliki dudukan empuk dan pas dengan ukuran bayi. Dengan begitu, si kecil akan merasa nyaman dan tak mudah merosot.

Selain stroller, jangan lupa untuk mengenakan mengenakan face shield pada bayi Anda untuk memperkecil penularan virus Corona saat pergi keluar rumah. Di antara kriteria aman face shield yang harus Anda perhatikan adalah tahan terhadap api, tahan terhadap lemparan benda tumpul atau berat serta tahan terhadap radiasi.

4. Jangan Lupa Menggunakan Masker


Jangan Lupa Menggunakan Masker
Shutterstock

Kemanapun Anda pergi, menggunakan masker adalah hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Selain masker, usahakan juga untuk menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Bila perlu, gunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat berada di ruang publik.

5. Bawa Hand Sanitizer, Face Shield dan Masker Cadangan


Bawa Hand Sanitizer, Face Shield dan Masker Cadangan
Temasek Foundation

Ada beberapa barang yang harus selalu Anda bawa saat beraktivitas di luar rumah di era new normal. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda bisa melindungi diri dan si kecil dari penularan virus Corona. Pertama, bawa masker dan face shield cadangan yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu.

Setelah itu, pastikan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen selalu ada di dalam tas Anda. Peralatan wajib satu ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda maupun berinteraksi dengan orang lain di tempat umum.

6. Bawa Tisu Basah dan Tisu Kering


Bawa Tisu Basah dan Tisu Kering

Selain hand sanitizer, pastikan juga untuk membawa tisu basah dan tisu kering. Tisu basah dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan dan kaki si kecil secara berkala ketika sedang berada di luar. Selain itu, barang satu ini juga dapat Anda gunakan setelah mengganti popok si kecil.

Di sisi lain, tisu kering dapat Anda gunakan sebagai perantara saat memegang gagang pintu di ruang publik. Dengan begitu, Anda dapat lebih menjaga kebersihan tangan dari kontaminasi virus, kuman dan bakteri.

7. Jangan Menyentuh Sembarang Benda


Jangan Menyentuh Sembarang Benda
123RF

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah tidak menyentuh sembarang benda seperti gagang pintu, tiang plang, pegangan tangga, tombol lift maupun berbagai benda lainnya. Hal ini dikarenakan virus Corona dapat bertahan di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang mengandung virus tersebut.

Demikian tujuh tips aman saat membawa bayi keluar rumah di era new normal. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips melahirkan di tengah pandemi Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui langkah pencegahan virus Corona saat menggunakan transportasi umum.

You can share this post!

Related Posts