Bikin Takjub, Para Pria Ini Sulap Saluran Irigasi Penuh Sampah Jadi Kolam Ikan Nila Hingga Koi
https://pu.go.id/
SerbaSerbi

Sekelompok pemuda di Yogyakarta mendapat banyak pujian berkat aksi mereka yang mengubah saluran irigasi penuh sampah menjadi tempat budidaya ikan nilai hingga koi yang indah.

WowKeren - Saluran irigasi biasanya menjadi tempat yang banyak dipenuhi dengan tumpukan sampah. Hal ini biasanya kerap diabaikan oleh masayarakat sekitar. Namun agaknya berbeda dengan saluran irigasi di Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Ketua Karang Taruna Kampung Mrican, Suradianto (32) di daerah tersebut menceritakan, dahulu kondisi aliran irigasi yang berada di samping Sungai Gajah Wong ini sangat kotor. Saluran irigasi tersebut kerap menjadi tempat pembuangan sampah. "Dulu di sini lokasi tempat membuang sampah, ya sampah rumah tangga. Tapi yang kebanyakan sampah medis," ungkap Suradianto dilansir dari Kompas.com, Sabtu (11/7).

Para pemuda Yogya ini merasa gerah, irigasi di kampungnya dipenuhi sampah. Lokasi sekitarnya juga banyak digunakan ternak babi yang bikin bau tak sedap. Karenanya, akhirnya mereka membulatkan tekad untuk mengubah irigasi Kali Gajah Wong atau biasa disebut Bendhung Lepen tersebut menjadi lebih indah dan tak lagi tercemar.

"Kita mempunyai ide gagasan kapan lagi kita beranjak dari kampung kumuh. Apakah iya kita terus-terusan aliran irigasi dialiri sampah," kata Andhy Noor Wijanarko (26) salah seorang anggota karang taruna. "Sedangkan irigasi ini ke sawah-sawah hingga Bantul."

Setelah melakukan konsolidasi, pada Maret 2019 pemuda-pemuda ini turun ke irigasi. Mereka membersihkan irigasi yang dipenuhi lumpur yang membuat pendangkalan. Irigasi yang tadinya hanya 50 cm bisa dipulihkan menjadi 1 meter kedalamannya.

"Proses dari awal itu kita membentuk ide di karang taruna terus sampai lapangan lokasi merangkul warga sekitar di aliran irigasi. Kedua menyatukan satu visi misi mau bergerak seperti apa to kita," ujarnya.


Bikin Takjub, Pria Ini Sulap Saluran Irigasi Penuh Sampah Jadi Kolam Ikan Nila Hingga Koi

Setelah irigasi bersih, mereka lantas memasang 2 sampai 3 jaring sekat untuk menahan sampah. Setelah jaring itu terpasang mereka kemudian berinisiatif menebar benih ikan sekitar 1 kuintal. "Ada ide lagi gimana kalau dikasih ikan biar ekosistemnya dapat tumbuh lagi sampai sekarang," ucapnya.

Benih ikan yang ditabur mayoritas ikan nila. Namun untuk mempermanis irigasi, mereka juga menabur ikan koi dan tombro. Semua biaya merupakan hasil iuran pemuda dan warga. Iuran tersebut bersifat seikhlasnya.

"Ini swadaya seikhlasnya warga. Banyak sedikit yang penting ikhlas. Sumber utama adanya swadaya masyarakat," tuturnya.

Tercatat sudah 4 kali mereka panen ikan. Sekali panen ikan yang dihasilkan mencapai 8,5 kuintal. Ikan tersebut dijual kembali, untuk warga setempat harganya lebih miring. Uang kemudian digunakan kembali untuk pembenihan.

Seiring berjalannya waktu irigasi Bendhung Lepen ini juga viral di media sosial. Ketenarannya pun membuat warga di lain kecamatan berbondong-bondong datang. Banyak warga yang datang bersama anak-anaknya dan bermain dengan ikan-ikan di irigasi tersebut.

Untuk menjaga ikan-ikan dari maling, para pemuda di sana juga memasang CCTV di sepanjang 100 meter irigasi. Mereka terlihat bersungguh-sungguh ingin mengubah kampungnya menjadi lebih indah dan lepas dari suasana kumuh.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru