Komentar Ketua DPR AS Usai Trump Perdana Pakai Masker Sejak Pandemi
Dunia

Presiden AS Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi rumah sakit militer pada Sabtu (11/7) waktu setempat. Ini merupakan pertama kalinya Trump memakai masker sejak pandemi.

WowKeren - Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, rupanya menyambut positif penampilan perdana Presiden Donald Trump yang mengenakan masker sejak pandemi COVID-19. Seperti yang diketahui, Trump mengenakan masker saat mengunjungi rumah sakit militer pada Sabtu (11/7) waktu setempat.

Dalam keterangannya, Nancy Pelosi menyebut penampilan Trump tersebut seakan menjadi pengakuan bahwa mengenakan masker dapat membantu menghentikan penyebaran virus corona. "Saya sangat senang dia (Trump) mematuhi aturan untuk mengenakan masker. Anda tidak bisa mengunjungi veteran di rumah sakit tanpa mengenakannya. Sekarang, dia telah mengubah sikapnya," ucap petinggi Partai Demokrat tersebut.

Menurut Pelosi, penampilan Trump tersebut seakan menjadi sebuah pengakuan bahwa orangtua dan anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan tertular virus corona. "Jadi, semoga dengan dia mencontohkan penggunaan masker, dia akan mengubah sikapnya yang bisa membantu menghentikan penyebaran virus," ujar Pelosi lagi.

Trump bersama para stafnya memang tampak mengenakan masker saat mengunjungi pusat medis di Bethesda, Maryland, pada Sabtu lalu. Selama mengenakan masker, Trump tidak memberikan pernyataan apapun. Momen ini merupakan pertama kalinya Trump terlihat mengenakan masker sejak pandemi virus corona terjadi di Amerika Serikat selama empat bulan terakhir.


Presiden berusia 74 tahun tersebut diketahui mengenakan masker atas desakan para pendukungnya demi memberi contoh yang baik bagi masyarakat AS. Trump sendiri sempat mengisyaratkan pemakaian masker ini kala melakukan wawancara dengan Fox News beberapa waktu lalu.

"Saya mungkin akan mengenakan masker saat pergi ke Walter Reed. Kau akan berada di rumah sakit, jadi saya pikir itu hal yang sangat tepat," katanya kala itu.

Dilansir dari CNN, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebelumnya telah mendesak semua orang untuk mengenakan masker ketika berada di tempat umum, terlebih ketika jarak sosial sulit diterapkan di tempat tersebut sehingga potensi penyebaran virus pada orang tanpa gejala dan melalui cairan mungkin terjadi.

Trump selama ini berkeras untuk tidak mengenakan masker, kendati orang-orang di dekatnya tampak mulai mengikuti anjuran CDC. Ia bahkan sempat mencemooh rivalnya pada pemilu AS, Joe Biden, ketika tampil mengenakan masker di depan umum.

Bahkan atas sikap keras kepalanya yang enggan mengenakan masker tersebut, para pendukungnya di Partai Republik tak segan melancarkan kritik padanya secara langsung. Mereka menilai sikap Trump akan berdampak buruk jelang pemilu AS pada November mendatang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait