BLACKPINK Raih Kesuksesan Luar Biasa Di Amerika, Para Ahli Musik Beber Kuncinya
Musik

Para ahli musik Billboard telah mempertimbangkan semua alasan mengapa BLACKPINK mengambil alih perhatian dunia terutama Amerika melalui musik-musik mereka.

WowKeren - Sejak dirilis beberapa minggu lalu, hit hit BLACKPINK (Black Pink) "How You Like That" telah memecahkan banyak rekor baik di Korea maupun internasional. Terutama untuk penggemar musik Amerika, "How You Like That" memulai debutnya di posisi 33 di tangga lagu Billboard Hot 100.

Itu merupakan suatu prestasi yang bahkan tidak pernah dicapai oleh kebanyakan artis Barat. Sekarang, ahli musik Billboard telah mempertimbangkan semua alasan mengapa BLACKPINK mengambil alih perhatian dunia terutama Amerika melalui musik mereka.

Anna Chan, editor senior berita konsumen Billboard, mengatakan perwujudan kekuatan gadis BLACKPINK telah memainkan peran penting dalam kesuksesan mereka. Chan menjelaskan bahwa konsep BLACKPINK menunjukkan sisi pemberontak yang bisa dipahami wanita modern saat ini.

"Siapa yang tidak suka girl grup yang kuat? Dan dengan itu, aku tidak hanya berbicara tentang musik yang bagus tapi juga tingkat bakat. Keduanya ada di sana." ungkap Anna Chan. "Ambil 'Kill This Love' misalnya. Mereka tahu percintaan itu beracun, jadi laki-laki, sampai jumpa! Plus, pakaian yang terinspirasi militer dalam video itu? SANGAT BADASS!"

Nolan Feeney, editor senior fitur cetak Billboard, beralih ke lirik grup untuk menjelaskan kesuksesan mereka. Selain memamerkan suara "omnivora" yang mencakup banyak genre favorit dunia seperti reggaeton di "Forever Young" dan getaran folk di "Stay", lirik mereka mudah bagi siapa saja untuk bernyanyi bersama.

"Salah satu faktor terbesar adalah bahwa keinginan untuk mendominasi global tampaknya dimasukkan ke dalam proses penulisan lagu," ungkap Nolan Feeney.


Pertama, lagu BLACKPINK cenderung menampilkan banyak frasa bahasa Inggris yang tersebar di seluruh lirik. Misalnya, sekitar 70% dari kata dalam lirik “Kill This Love" sebenarnya adalah bahasa Inggris.

Dan bahkan ketika liriknya tidak dalam bahasa Inggris, suaranya biasanya cukup sederhana untuk dipahami misalnya, "ddu du ddu du" di lagu dengan judul yang sama, atau "dumdumdum dururu" di akhir "How You Like That".

Menurut editor senior lain, Gab Ginsberg, bagian dari kesuksesan grup berasal dari fanbase mereka yang setia. Ginsberg mengenang bagaimana dia mendengarkan Girls' Generation di kampus bersama teman-temannya, tetapi media sosial tidak cukup untuk membahas grup secara online. Namun sekarang, BLACKPINK dapat menjangkau penggemar di seluruh dunia yang dapat mengatur dukungan berkelanjutan untuk perilisan grup tersebut.

"BLACKPINK secara khusus telah membangun fanbase yang besar dan loyal. Dan sebagai imbalannya, para penggemar itu akan melakukan apa saja untuk membantu grup tersebut," ungkap Gab Ginsberg.

Direktur musik senior Billboard, Jason Lipshutz, setuju bahwa BLINK pantas mendapatkan banyak pujian. Dengan fandom yang begitu besar dan minat yang besar pada grup online, ia mengatakan tidak mengherankan bahwa "How You Like That" melonjak ke ketinggian di YouTube dan layanan streaming saat dirilis.

"Akan lebih sulit untuk menembus langit-langit kaca di radio Amerika. Tapi apa yang telah dicapai BLACKPINK secara komersial di Amerika Serikat sangat menakjubkan," pungkas Jason Lipshutz.

Terakhir namun tidak kalah penting, wakil editor Andrew Unterberger membuat poin yang mirip dengan Anna Chan. Ia memuji sikap kuat kelompok untuk keberhasilan mereka yang tak tergoyahkan. Dari lirik mereka hingga pertunjukan, BLACKPINK memberikan begitu banyak kepercayaan, hampir tidak mungkin untuk tidak melihat mereka sebagai girl grup terbesar di dunia.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru