Keberadaan Hobbit Mirip 'The Lord Of The Rings' Ditemukan Di Indonesia, Ini Faktanya
SerbaSerbi

Peneliti dari Kemendikbud ikut menemukan keberadaan hobbit yang mirip dengan kisah ‘The Lord Of The Rings’ di salah satu daerah Indonesia. Berikut fakta-faktanya.

WowKeren - Peneliti gabungan dari Australia dan Indonesia telah menemukan keberadaan makhluk yang mirip dengan Hobbit yang digambarkan dalam film “The Lord Of The Rings”. Temuan ini diungkap setelah mereka menemukan tubuh makhluk mirip Hobbit di salah satu wilayah Indonesia.

Kerangka makhluk yang diberi nama Homo Floresiensis dengan tubuh mini serupa Hobbit ditemukan di Flores. Temuan tersebut terjadi pada 2001 silam oleh sejumlah pakar antropolog Australia dan Indonesia, dimana mereka langsung menjuluki kerangka tersebut sebagai Hobbit.

Dalam kisah “The Lord Of The Rings”, hobbit digambarkan memiliki tubuh yang pendek jauh di bawah manusia pada umumnya. Gambaran tersebut sesuai dengan temuan kerangka dimana tingginya hanya sekitar 100 sentimeter saat dirangkai. Ukuran tubuh manusia sendiri sekitar 160-170 sentimeter.

Peneliti utama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jatmiko yang ikut dalam riset tersebut mengatakan satu kerangka Hobbit ditemukan di situs Liang Bua, Flores. Kerangka tersebut masih utuh dan berada di kedalaman hampir 6 meter.


Semakin menarik, bagian kepala kerangka yang ditemukan tersebut hanya sebesar jeruk Bali. Jatmiko menjelaskan makhluk tersebut memiliki volume otak sekitar 125 cc dan lebih kecul dari volume otak manusia sebesar 1.300 cc.

”Ya kayak di film ‘The Lord of The Rings’, hobbit,” kata Jatmiko dalam Bincang Redaksi 11 bersama National Geographic Indonesia, seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Sabtu (11/7). “Sebenarnya enggak pendek, kerdil tapi proporsional.”

Jatmiko mengatakan temuan tersebut sempat menciptakan adanya perdebatan mengenai jenis kelamin kerangka Homo Floresiensis tersebut. Namun, akhirnya ditetapkan jenis kelamin perempuan karena tulang panggul yang lebar.

Jatmiko membeberkan jika temuan Hobbit tersebut juga sampai ada yang menyebutnya dengan nama “Mama Flo”. Ia mengatakan “Mama Flo” tersebut diperkirakan berusia 25 tahun dan hidup sekitar 100 ribu hingga 60 ribu tahun yang lalu.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts