Kemlu RI Buka Suara Soal Tiongkok Klaim Batik Sebagai Kerajinan Asli Negaranya
Pxhere
Nasional

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI turut menanggapi klaim media asal Tiongkok Xinhua News yang menyatakan jika batik merupakan kerajinan asli milik Negeri Tirai Bambu.

WowKeren - Media asal Tiongkok, Xinhua News, baru-baru ini menuai protes dari warganet Indonesia lantaran mengklaim bahwa batik merupakan kerajinan asli milik Negeri Tirai Bambu tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Xinhua News melalui cuitan di Twitter.

Menanggapi klaim tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI pun buka suara. Melalui Twitter resminya @Kemlu_RI, pihak Kemlu menjelaskan jika batik adalah warisan leluhur Indonesia yang erat dengan keseharian masyarakat.

"Batik adalah warisan leluhur yg erat dgn kehidupan kita sehari-hari. Sejak 2/10/2009, @UNESCO telah tetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Oleh sebab itu, kita rayakan 2 Oktober sebagai #HariBatikNasional," cuitnya.

Dalam cuitan selanjutnya, pihak Kemlu mengunggah foto saat Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi menjadi Presiden DK PBB. Terlihat Menlu dan beberapa hadirin yang mengenakan batik.

Kemlu RI Buka Suara Soal Tiongkok Klaim Batik Sebagai Kerajinan Asli Negaranya

Twitter


"Foto berikut adalah momen tidak terlupakan saat Indonesia Flag of Indonesia membatikkan ruang sidang Dewan Keamanan PBB ketika Indonesia menjadi Presiden DK PBB (07/05/2019). Nah, #SahabatKemlu, post disini dong batik kebanggaanmu! #BatikDiplomacy #IniDiplomasi," lanjutnya.

Sebelumnya, klaim Tiongkok terhadap kerajinan batik tersebut telah menuai kontroversi dan langsung menuai tanggapan dari warganet Indonesia yang tidak terima dengan klaim sepihak Negeri Tirai Bambu tersebut. Baru sehari menuai kritikan, media tersebut lantas meralat klaimnya terkait kerajinan batik tersebut.

"Kerajinan cetak lilin Tiongkok kuno dilakukan dengan sangat terampil dan memakan waktu," tulis @XHNews, Senin (13/7). "Kerajinan ini juga dikenal sebagai batik, sebuah kata dengan asal Indonesia yang mengacu pada teknik pewarnaan tahan lilin yang dipraktikkan di banyak bagian dunia. Terima kasih kepada @Kemlu_RI."

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turut pula mengomentari klaim tersebut. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menegaskan jika Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan.

"Batik memang warisan budaya tak benda atau intangible cultural heritage Indonesia," kata Hilmar. "Dan pada 2009 sudah masuk dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan oleh UNESCO."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru