'Lathi' Mulai Mendunia, Weird Genius Buka Rahasia Dibalik Kesuksesan Lagunya
Instagram/_geraldgerald_
Musik

Weird Genius akhirnya mampu membuktikan jika lagu 'Lathi' yang sempat menuai kontroversi kini bisa Go International. Salah satu personelnya, Gerald Liu membocorkan rahasia 'Lathi' bisa sesukses sekarang.

WowKeren - Grup musik Weird Genius tengah menjadi perhatian, karena foto mereka terpajang di Time Square New York, Amerika Serikat. Tapi salah seorang personel, Gerald Liu sepertinya sudah mempersiapkan diri jika hal ini akan terjadi. "Go International sudah menjadi mindset-nya WG (Weird Genius) dari awal," ujar Gerald Liu mengutip Suara.com, Selasa (14/7).

Kesuksesan lagu "Lathi" berhasil memberikan ketenaran bagi Weird Genius. Lagu yang mereka bawakan bersama Sara Fajira itu mendapat respons yang hangat dan menjadi viral di internet. Bahkan lagu itu kini telah disaksikan oleh 73 juta penonton di YouTube.

Gerald Liu menjelaskan bahwa unsur musik elektronik yang mereka buat memang menargetkan pendengar musik dunia. Tak heran bila seluruh lagu mereka dibuat dalam bahasa Inggris.

"Jadi musik elektronik memang akarnya dari luar. Pasti pasarnya lebih besar di luar, karena di Indonesia mungkin baru mengadopsi ini sekitar tahun 2013 baru naik," ungkap Gerald Liu. "Jadi dari awal menurut kami lebih make sense kalau kami cari audiens yang internasional."

Tak hanya itu, Gerald Liu jga sempat mengungkapkan daya tarik yang dimiliki lagu tersebut hingga bisa populer dan mendunia. Menurut Gerald, kesuksesan lagu ini berkat kerja keras timnya yang selalu berusaha menciptakan suatu karya di luar zona nyamannya.

"Daya tariknya mungkin ada sesuatu yang baru juga dari Weird Genius. Kami kan memang selalu keluar dari zona nyaman," tutur Gerald, dilansir dari detikhot. "Mungkin ada yang menganggap Weird Genius mencampurkan musik tradisional, ada gamelan dan sinden, sama musik EDM. Itu sudah kami lakukan di lagu yang pertama."

Gerald Liu pun mengenang bahwa lagu "Lathi" adalah lagu kedua yang ikut ia garap setelah bergabung dengan Weird Genius. "Tapi kami selalu eksplor dan Lathi ini dibuat ketika aku masih Weird Genius pada Oktober tahun lalu. Itu lagu kedua yang aku kerjain," kata Gerald.


Meski telah meyakini bahwa "Lathi" akan menjadi lagu yang dikenal masyarakat, Gerald Liu mengaku dirinya tidak pernah menyangka bahwa lagu tersebut akan menjadi sebesar sekarang. Hanya saja, Gerald memang mengaku jika salah satu rekannya, Reza Oktovian alias Reza Arap tampak sangat yakin jika lagu ini akan bisa setenar sekarang.

"Kalau aku sebagai member paling baru, awalnya aku benar-benar nggak memperkirakan seberapa besar impact dari lagunya Weird Genius. Arap (Reza Arap) awalnya bilang, 'Gelard sama Eka siap-siap ya, lagu ini bakal jadi hits'. Cuma aku nggak ngira lagunya bisa se-hits itu," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa kepopuleran "Lathi" memang tidak lepas dari media sosial, terutama TikTok. "Ternyata orang-orang suka dan TikTok challenge-nya berjalan," cerita Gerald. "Kami dalam waktu dua bulan Lathi di YouTube sudah sampai 50 juta streams."

Melihat lagunya bisa mendunia hingga fotonya terpajang di Times Square, New York, Gerald Liu mewakili Weird Genius mengaku banyak perasaan yang bergejolak dalam dirinya. Senang, bangga, sekaligus terkejut masih ia rasakan sampai saat ini.

"Senang ada, kaget juga iya. Gue sih nggak ngerti banyak kenapa bisa ada di situ, awalnya aku tahu ada beberapa artikel di Instagram yang bilang kalau Weird Genius masuk Times Square," tuturnya.

Ia menduga, hal tersebut dikarenakan "Lathi" telah memiliki 100 juta pendengar di aplikasi layanan streaming. "Ya kami senang sih, para fans juga ikut bangga," tutupnya.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts