Demo RUU HIP di DPR, Massa PA 212 Juga Tuntut Pemakzulan Jokowi
Nasional

Ditlantas Polda Metro Jaya telah menempatkan sejumlah anggota di sekitar gedung DPR RI untuk mengawal aksi ini. Pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika massa membludak.

WowKeren - Persaudaraan Alumni (PA) 212 diketahui menggelar aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan Omnibus Law pada Kamis (16/7) hari ini. Mereka menggelar aksi demonstrasi tersebut di depan Gedung DPR RI.

Massa aksi terpantau berkerumun di dekat mobil komando dengan membawa berbagai macam spanduk. Salah satu spanduk yang dibawa massa PA 212 ini bertuliskan "Ma'zulkan Jokowi (Presiden Joko Widodo)".

Tak hanya itu, ada juga spanduk-spanduk lain yang bertuliskan "Bubarkan PDIP" hingga "Tolak RUU HIP dan Tangkap Inisiatornya". Adapun spanduk yang dibawa massa itu senada dengan lima tuntutan umat (Lumat) yang terpasang di mobil komando.


Lima tuntutan umat tersebut antara lain:

  1. Makzulkan Jokowi
  2. Bubarkan PDIP
  3. Tolak RUU HIP & Tangkap Inisiator
  4. Tolak RUU Omnibus Law
  5. Batalkan UU Corona

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menempatkan sejumlah anggota di sekitar gedung DPR RI untuk mengawal aksi ini. Pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika massa membludak.

"Kami merencanakan beberapa rekayasa lalu lintas, ketika nanti sudah ada massa pengunjuk rasa yang menutup jalan," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yudo dilansir Antara. "Arus lalu lintas di arah Semanggi yang menuju ke DPR/MPR RI itu akan dibelokkan ke kiri di bawah jembatan layang ke arah pintu 10 (GBK) maupun ke depan Hotel Mulia."

Di sisi lain, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco telah memastikan bahwa tidak ada pengesahan RUU Omnibus Law maupun RUU HIP pada Kamis (16/7) hari ini. "Kami sudah sampaikan kepada tokoh-tokoh masyarakat, dan alim ulama yang meminta info kepada kami bahwa tidak benar hari ini dikabarkan rapat paripurna ada dua pengesahan RUU, yaitu RUU HIP dan RUU Omnibus Law," ujar Dasco di Gedung DPR pada hari ini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru