Usai Jamur Enoki, 1,5 Ton Benih Sawi Putih Asal Korsel Dimusnahkan Karena Bakteri
amazon.com
Nasional

Jika tidak dimusnahkan, bakteri yang ada pada benih sawi putih tersebut dikhawatirkan bisa menyebar hingga menjadi ancaman bagi tanaman pertanian di Indonesia.

WowKeren - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Surabaya memusnahkan 1,5 ton benih sawi putih asal Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (16/7). Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi karena benih sawi putih tersebut mengandung bakteri.

Adapun nilai jualnya mencapai Rp 1,2 miliar. Berdasarkan hasil pengujian Laboratorium Karantina Pertanian Surabaya, bakteri yang ditemukan merupakan jenis Pseudomonas viridiflava kategori golongan A1 dan Pseudomonas chicorii golongan A. Yang mana, jenis ini belum pernah ditemukan di Indonesia sehingga harus dimusnahkan.

"Tindakan pemusnahan ini dilakukan karena P. viridiflava menurut statusnya belum ditemukan di Indonesia dan tidak bisa diberi perlakuan," kata Kepala Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi dilansir Antara, Jumat (17/7). "Sedangkan untuk P. chicorii sudah ada di Indonesia serta memiliki inang yang luas.

Jika tidak dimusnahkan, bakteri yang ada pada benih sawi putih tersebut dikhawatirkan bisa menyebar hingga menjadi ancaman bagi tanaman pertanian di Indonesia. Terutama tanaman hortikultura.


Menurutnya, sudah seharusnya dilakukan uji laboratorium terlebih dahulu terhadap komoditas impor sebelum diedarkan ke Indonesia. Untuk komoditas benih sawi putih misalnya.

Ada persyaratan khusus seperti misalnya harus memiliki dokumen lengkap, termasuk sertifikasi kesehatan Phytosanitary Certificate, dan Surat Ijin Pemasukan dari Menteri Pertanian. Selain itu, harus dipastikan juga jika benih ini bebas dari hama penyakit.

"Tupoksi utama karantina adalah mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit tumbuhan dari luar negeri ke wilayah Indonesia," terangnya. "Oleh sebab itu, kami berupaya untuk menjalankan amanah tersebut dengan baik."

Beberapa waktu lalu, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melakukan pemusnahan terhadap jamur enoki yang masuk dari Korea Selatan. Jamur ini mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait