Pasien Sembuh 19 Juli Pecah Rekor, RI Malah Masuk 25 Besar Kasus Corona Terbanyak Dunia
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jumlah kasus sembuh COVID-19 hari ini memecahkan rekor nasional, yakni mencapai 2.133 orang. Namun peringkat Indonesia dari segi jumlah kasus positif pun ikut naik 2 posisi ke urutan 24 dunia.

WowKeren - Berbagai hal patut menjadi sorotan pada perkembangan wabah virus Corona yang dilaporkan pada Minggu (19/7) hari ini. Tentu yang tak boleh terlewat adalah perihal jumlah kasus sembuh hari ini yang mencetak rekor nasional terbaru yakni mencapai 2.133 orang.

"Kasus sembuh yang kita laporkan hari ini adalah 2.133. Sehingga total sembuh 45.401," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers virtualnya pada Minggu hari ini.

Secara nominal, jumlah kesembuhan hari ini merupakan yang tertinggi sejak pertama kali Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus positif perdana pada 2 Maret 2020 silam. Hal ini pun tercermin dari grafik yang diunggah Kementerian Kesehatan di Twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam grafik tersebut tampak diagram batang berwarna hijau, melambangkan pasien sembuh, pada hari ini bahkan lebih tinggi ketimbang jumlah kasus harian yang dikonfirmasi. Sebab seperti diketahui hari ini Indonesia mengonfirmasi sebanyak 1.639 pasien positif sehingga totalnya mencapai 86.251 orang.

Pasien Sembuh 19 Juli Pecah Rekor, RI Malah Masuk 25 Besar Kasus Corona Terbanyak Dunia-1

Twitter/BNPB


Bila merujuk pada tabulasi data yang disusun oleh Kemenkes, memang provinsi yang menyumbangkan jumlah besar kasus positif hari ini turut melaporkan pasien sembuh yang banyak pula. Yang terbanyak adalah Sulawesi Selatan yang melaporkan 519 kasus sembuh, namun ikut mengonfirmasi 158 pasien positif COVID-19 hari ini.

"DKI Jakarta (melaporkan) sembuh 326. Jawa Tengah sembuh 420. Jawa Timur melaporkan sembuh 474. Bali 119 kasus sembuh," terang Yuri di Graha BNPB, Jakarta. Kendati provinsi-provinsi ini juga menyumbangkan angka yang besar dari segi kasus positif hariannya.

Namun walaupun jumlah pasien sembuhnya meningkat pesat, peringkat kasus positif Indonesia secara global juga ikut mengalami peningkatan. Melansir tabel yang diunggah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Indonesia saat ini berada di peringkat ke-24 dunia, naik 2 posisi apabila dibandingkan dengan Sabtu (18/7) kemarin.

Pasien Sembuh 19 Juli Pecah Rekor, RI Malah Masuk 25 Besar Kasus Corona Terbanyak Dunia-2

Twitter/BNPB

Peringkat Indonesia secara global memang sudah menyita perhatian sejak kemarin. Sebab Indonesia bahkan sudah melampaui jumlah akumulatif kasus di Tiongkok yang sudah berjibaku dengan wabah penyakit ini berbulan-bulan lebih awal ketimbang Indonesia.

Namun demikian, Gugus Tugas secara spesifik menyoroti rasio tingkat kematian akibat COVID-19 per 1 juta penduduk. Indonesia saat ini mencatatkan 15 kematian per 1 juta penduduk, jauh lebih sedikit ketimbang rerata dunia yang mencapai 76 orang per 1 juta penduduk.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts