Bukan Negara Maju, Bill Gates Yakin Republik Ini Bisa Bikin Vaksin COVID-19 untuk Seluruh Dunia
Getty Images
Dunia

Pria yang juga aktif berkecimpung di filantropi itu mengakui kemampuan farmasi India yang mana negara ini telah membuat lebih banyak vaksin dibanding negara lainnya

WowKeren - Pendiri Microsoft Bill Gates menyebut jika farmasi India kemungkinan bisa memproduksi vaksin corona. Tak hanya untuk negara itu sendiri namun juga untuk seluruh dunia.

Pria yang juga aktif berkecimpung di filantropi itu menilai jika farmasi India selama ini telah banyak melakukan hal penting dan saat ini, perusahaan farmasi negara tersebut tengah membantu mengembangkan vaksin corona.

Dilihat dari populasinya, India merupakan negara kedua terpadat di dunia setelah Tiongkok. Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang besar dan wilayah yang sangat luas, India memang menghadapi tantangan besar jika dihadapkan dengan pandemi virus corona.

Kendati demikian, ia yakin jika perusahaan farmasi India memiliki kemampuan untuk mensuplai vaksin COVID-19 bagi seluruh dunia. Lebih jauh, ia mengakui jika negara ini telah membuat lebih banyak vaksin dibanding negara lainnya.


"India punya banyak kapasitas, dengan perusahaan-perusahaan obat dan vaksin yang merupakan penyuplai besar untuk seluruh dunia," kata Gates alam video dokumenter 'COVID-19: India's War Against The Virus' seperti dilansir dari Livemint, Selasa (21/7). "Anda tahu, lebih banyak vaksin dibuat di India daripada di manapun."

Ia kemudian membeberkan satu per satu perusahaan farmasi di India yang saat ini tengah membantu untuk produksi vaksin corona. Tak hanya Serum Institute, namun ada juga Bio E dan Bharat.

"Serum Istitute, itulah yang terbesar. Tapi ada juga Bio E, Bharat, banyak yang lainnya," tambah Gates melanjutkan. "Mereka bekerja untuk membantu pembuatan vaksin corona, dibuat pada kapasitas besar yang mereka pakai untuk penyakit lain."

Sementara itu, Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan yang berfokus untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di dunia, telah membantu India memerangi pandemi COVID-19. Yayasan ini telah bekerja sama dengan pemerintah India sejak dulu untuk melawan penyakit di masa silam.

Gates berharap agar virus corona tidak dimonopoli oleh pihak tertentu. Karena jika bergantung pada kekuatan pasar, maka pandemi tidak akan segera berakhir.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru