Warganet Keluhkan Thermal Gun Kini 'Ditembakkan' ke Tangan Gegara Hoaks, Dokter Ungkap Tak Akurat
Reuters/Edgard Garrido
Health

Belakangan publik sedang dihebohkan dengan hoaks thermal gun bisa merusak otak akibat pancaran laser saat memeriksa suhu tubuh. Akhirnya mulai muncul opsi thermal gun 'ditembakkan' di punggung tangan.

WowKeren - Selama masa pandemi virus Corona, ada beberapa berita hoaks yang beredar. Salah satu yang terbaru adalah perihal penggunaan termometer infrared thermal gun yang diklaim bisa merusak otak, disebut-sebut akibat dari infrared yang dipancarkan oleh alat tersebut ke dahi.

Hoaks itu sudah dibantah oleh eks Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto. Namun tampaknya pengaruh dari hoaks tersebut sudah berkembang sangat pesat dan sampai mempengaruhi bagaimana cara kerja petugas pemeriksa kesehatan di tempat-tempat umum.

Seperti diungkap oleh dr. Jaka Pradipta dalam cuitannya. Ahli paru-paru itu "mengelus dada" mendapati petugas keamanan di sebuah supermarket memilih memeriksa suhu tubuhnya dengan "menembakkan" thermal gun ke tangan alih-alih ke dahi. Keluhan semacam ini pun turut disampaikan oleh banyak warganet lain.

Warganet Keluhkan Thermal Gun Kini \'Ditembakkan\' ke Tangan Gegara Hoaks, Dokter Ungkap Tak Akurat

Twitter


"Fix, sama bgt. Tadi siang ke ITC Roxy mas dan di cek termogun di tangan. Nanya kenapa, satpamnya jawab perintah atasan takut otak pengunjung rusak. Sumpah ga ngerti lagi," tulis @na*****h__. "Asli sama banget dok, pagi ini orang2 kantor pada nggak mau di cek suhu pake thermogun dengan alasan 'nanti kalo otak saya kenapa2 kamu mau tanggung jawab?' Itu thermogun rasanya ingin tak keplakno ndase," imbuh @ma****fs.

Lantas, sebenarnya apakah akurat bila memeriksa suhu tubuh dengan menembakkan thermal gun ke tangan? Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, baginya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan, namun akurasinya memang kurang baik. "Bisa saja (cek di punggung tangan), tapi tidak seakurat dahi," tutur Indah, Senin (20/7).

Pasalnya dahi merupakan bagian tubuh yang bisa dengan mudah dijangkau semua orang dan cenderung lebih akurat ketimbang tangan yang notabene lebih banyak "berinteraksi" dengan dunia luar. Namun Indah sendiri menilai ada organ lain yang lebih akurat untuk diperiksa suhu tubuhnya, seperti telinga bagian dalam.

"Pengecekan suhu tubuh lewat telinga itu akurasinya tinggi. Selain telinga, ketiak juga bisa jadi area pengecekan suhu lainnya yang efektif," jelas Indah, dikutip dari Okezone, Rabu (22/7).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru