Jangan Asal Memberi! 8 Makanan Manusia Ini Ternyata Berbahaya Dan Beracun Untuk Kesehatan Kucing
Pixabay
SerbaSerbi

Banyak makanan yang nikmat dan bergizi untuk manusia, namun rupanya sangat tidak baik diberikan kepada kucing. Beberapa makanan yang biasa dimakan manusia diketahui mengandung zat yang beracun bagi tubuh kucing.

WowKeren - Bagi sebagian orang, hewan peliharaan kini bukanlah hanya sebagai peliharaan saja namun juga keluarga. Banyak pemilik kucing yang bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan hidup kucing kesayangan mereka. Para pemilik kucing ini bahkan rela memberikan apa saja yang dianggap bergizi pada kucing mereka.

Karena telah menjadi hewan domestik, kucing saat ini tidak lagi mendapatkan makanan dari hasil buruan, melainkan pemberian manusia. Banyak makanan yang nikmat dan bergizi untuk manusia, namun rupanya sangat tidak baik diberikan kepada kucing.

Beberapa makanan yang biasa dimakan manusia diketahui mengandung zat yang beracun bagi tubuh kucing. Untuk itu, sebagai pemilik hewan lucu ini, kalian harus mengenali apa saja makanan manusia yang boleh dan tidak boleh diberikan pada kucing. Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis makanannya, yuk disimak!

(wk/putr)

1. Anggur


Anggur
Pixabay

Anggur memang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Rasanya yang manis, juga daging buahnya yang segar membuat anggur menjadi buah favorit banyak orang. Namun jangan sekali-kali memberikan anggur pada kucing kalian ya. Anggur dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gagal ginjal, diare, dan gangguan pencernaan.

Gejalanya seperti penurunan nafsu makan, lemas, lesu, nyeri perut dan berkurangnya volume air kemih. Tak hanya anggur, kismis yang merupakan merupakan produk olahan dari anggur juga sangat berbahaya untuk kucing kalian.

2. Bawang


Bawang
Pixabay

Hampir semua masakan manusia dimasak menggunakan bawang, baik bawang merah atau putih. Oleh karena itu jangan sembarangan memberi kucing masakan manusia apalagi yang mengandung bawang. Semua bawang mengandung defoksida dan sulfoksida yang dapat mengganggu sistem kerja sel darah merah pada kucing.

Jika dikonsumsi, ini bisa membuat kucing anemia dan sakit perut karena sistem pencernaan mereka tidak dapat mencerna bawang. Dampak terburuk, sel darah merah mereka bisa rusak, sehingga membuat kucing mengalami anemia, bahkan peradangan pada usus dan lambung.

3. Susu


Susu
Pixabay

Beberapa kartun sering memperlihatkan kucing suka sekali minum susu. Namun nyatanya, enggak semua susu bisa diberikan pada kucing. Kebanyakan kucing dewasa memiliki intoleransi terhadap laktosa. Konsumsi susu dapat menyebabkan muntah dan diare. Jika kucing haus, beri air saja. Hal ini juga berpengaruh pada kucing yang masih bayi.

Jangan sekali-kali mencoba memberikan susu sapi kepada kucing yang masih bayi. Kucing tidak mampu menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup, yang harusnya bisa dipakai untuk memecah gula dalam susu dan menyerapnya. Apabila kucing tetap diberi minum susu sapi, maka yang terjadi adalah susu sapi akan tetap berada di dalam pencernaannya. Kemudian setelah itu difermentasikan oleh bakteri dalam usus kucing yang menyebabkan diare.

4. Cokelat


Cokelat
Pixabay

Coklat memang nikmat dan diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan, namun tidak buat kucing kalian. Ada 2 bahan dalam cokelat yang bisa sangat berbahaya bagi kucing, kafein dan theobromine. Kedua kandungan ini dapat dengan mudah diserap oleh tubuh manusia, tetapi tidak terlalu banyak oleh kucing.

Setelah kucing makan cokelat, bahan-bahan itu menjadi beracun bagi mereka dan dapat menyebabkan gagal hati. Tidak dianjurkan untuk memberi makan permen kucing kita juga. Banyak permen sarat dengan gula yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kucing, seperti halnya bagi kita manusia. Juga, beberapa permen bahkan dapat meracuni kucing dan bahkan tersedak.

5. Tulang Hewan


Tulang Hewan
Pixabay

Banyak orang yang mengira kucing menyukai tulang hewan seperti ayam atau ikan, ini adalah presepsi yang salah besar. Kalian mungking sering melihat kucing memakan tulang dengan sekuat tenaga. Meski mereka mampu menggigitinya, namun ada baiknya tidak kalian beri tulang yang keras agar tidak menimbulkan masalah bagi gigi kucing.

Kucing pada dasarnya adalah karnivora yang memakan daging, bukan tulang. Alasan utama mereka sekuat tenaga memakan tulang adalah karena kelaparan dan tak ada lagi yang bisa dimakan. Aroma kuat daging dari tulang membuat mereka mau tak mau memakan benda tersebut. Apabila mereka langsung menelannya, tulang yang tergerus dan cenderung tajam dapat menimbulkan luka pada usus, konstipasi, hingga pendarahan pada saluran pencernaan.

6. Telur Mentah


Telur Mentah
Pixabay

Telur memang mengandung banyak protein yang baik bagi kebutuhan gizi kucing. Tapi, makanan yang satu ini juga mengandung avidin, suatu enzim yang membuat kemampuan tubuh kucing menyerap biotin (vitamin B) berkurang. Tubuh kucing yang kekurangan vitamin B akan membuatnya kejang-kejang dan mengalami kerusakan jaringan otak.

Telur mentah juga cenderung masih dikerubungi banyak bakteria yang bisa membuat hewan kesayanganmu terkena penyakit parah seperti Salmonella atau Pankreatitis. Selain itu, jauhkan putih telur dari menu makanan kucing peliharaan kamu, karena terkandung protein avidin yang dapat mengikat vitamin B7.

7. Alpukat


Alpukat
Pixabay

Persin yang terdapat di dalam alpukat sangat beracun bagi hewan, termasuk kucing. Bahkan, seluruh pohon alpukat diketahui mengandung racun untuk hewan. Oleh karena itu, jangan biarkan kucing anda bermain di dekatnya.

Tergantung pada berapa banyak persin yang termakan, kucing kalian dapat mengalami gangguan saluran pencernaan, gangguan pernapasan, atau bahkan terjadi penumpukkan cairan di sekitar jantungnya. Pada beberapa kasus, alpukat dapat menyebabkan kematian pada kucing loh.

8. Minuman Berkafein


Minuman Berkafein
Pixabay

Kafein sangat buruk untuk kucing dan anjing. Oleh karena itu jangan biarkan kucing Anda minum kopi, soda, teh, dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Satu dosis kecil tidak akan membunuh mereka, tetapi kalian bisa memeras kerusakan organ setiap kali.

Situs web kesehatan HCCUA menyatakan bahwa kucing akan mendapatkan kerusakan jantung dan sistem saraf akibat kafein. Kafein juga akan melukai hati, ginjal, dan saluran pencernaan juga. Manusia dan hewan pemakan tumbuhan lainnya telah mengembangkan pertahanan terhadap alkaloid yang terkandung dalam kafein, itulah sebabnya orang tidak terlalu terpengaruh oleh kafein. Namun, kucing dan anjing tidak memiliki pertahanan seperti itu.

You can share this post!

Related Posts