Arie Kriting Protes Tak Ada yang Berkulit Hitam di Ucapan Hari Anak Nasional
Instagram/arie_kriting
Selebriti

Ucapan Hari Anak Nasional dari TVRI menggambarkan keragaman dan perbedaan anak-anak Indonesia. Namun tak ada yang berkulit hitam dan berambut ikal seperti anak-anak Indonesia Timur.

WowKeren - Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Untuk merayakan peringatan tersebut, akun Twitter resmi TVRI Nasional membagikan gambar animasi 6 anak dengan pakaian adat yang berbeda-beda. Animasi tersebut juga tampak mengenakan masker dan tak saling berpegangan tangan karena Hari Anak Nasional tahun ini diperingati saat pandemi COVID-19.

"Selamat HARI ANAK NASIONAL 23 Juli 2020... Anak Indonesia adalah anak yang menghargai keragaman, kebersamaan, dan perbedaan," tulis akun @TVRINasional. "Lindungi dan bina masa depan mereka dengan pendidikan terbaik. #HAN2020 #AnakTerlindungiIndonesiaMaju #MediaPemersatuBangsa."

Arie Kriting Protes Tak Ada Anak Berkulit Hitam di Ucapan Hari Anak Nasional

Twitter

Gambar tersebut rupanya menuai sejumlah kritik dari warganet, salah satunya Arie Kriting. Stand-up Comedian asal Sulawesi ini menyayangkan tidak adanya gambar anak berkulit hitam dan berambut ikal. Padahal caption yang dituliskan TVRI juga membahas keragaman dan perbedaan anak-anak di Indonesia.


"Sorry nih, cuma mau ngabarin kalau anak Indonesia yang kulit hitam dan rambut keriting tidak bisa ikut nampil di gambar 'menghargai keberagaman, kebersamaan dan perbedaan' ini ya," sindir Arie. "Lagi belum balik dari pengungsian di gunung dan pedalaman. Doakan tahun depan bisa ikutan."

Arie Kriting Protes Tak Ada Anak Berkulit Hitam di Ucapan Hari Anak Nasional

Twitter

Arie pun menjelaskan maksud tulisannya yang menyebut anak-anak di Indonesia Timur masih berada di pengungsian. Ia lantas membagikan data Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai 23 anak-anak pengungsi Nduga di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang meninggal dunia pada 2019 lalu.

"Siapa tau ada yang nanya konteksnya. Masih ada kok anak-anak yang mengungsi di pegunungan. Dan ini keterangan dari Kemensos ya," tandas kekasih Indah Permatasari tersebut. "Semoga melalui perayaan hari anak ini, kita sedikit banyak menaruh perhatian bagi anak-anak yang harus hidup dalam keadaan seperti ini."

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait