Dua Jet Tempur Israel Dilaporkan Cegat Pesawat Sipil Iran Hingga Sebabkan Penumpang Luka
Dunia

Pesawat sipil tersebut dilaporkan tengah dalam perjalanan menuju Beirut, Lebanon, dan akhirnya menghindar dengan mengubah jalur hingga mengakibatkan sejumlah penumpang terluka.

WowKeren - Jet tempur Israel dilaporkan mencegat pesawat komersial Iran Mahan Air saat terbang di langit Suriah, pada Kamis (23/7) waktu setempat. Pesawat tersebut dilaporkan tengah dalam perjalanan menuju Beirut, Lebanon, dan akhirnya menghindar dengan mengubah jalur hingga mengakibatkan sejumlah penumpang terluka.

Dilansir dari CNN pada Jumat (24/7), stasiun televisi pemerintah Iran, IRIB, menayangkan cuplikan video amatir dari penumpang. Penumpang terlihat berteriak ketika pesawat yang mereka tumpangi tiba-tiba berubah arah. Dari video tersebut, setidaknya dua jet tempur terbang di samping pesawat komersil itu.

"Ketika pesawat (Iran) berada di langit Suriah, jet tempur rezim Zionis mendekati pesawat Mahan Airlines," tulis situs web media Iran. "Setelah tindakan berbahaya oleh pesawat tempur Israel, pilot pesawat komersial dengan cepat mengurangi ketinggian penerbangan untuk menghindari bertabrakan hingga melukai beberapa penumpang di pesawat."


Televisi Suriah dan kantor berita resmi setempat, SANA, mengutip sumber penerbangan sipil yang meyakini jet-jet tempur itu milik pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat. Diduga mereka mencegat pesawat sipil Iran di wilayah udara Suriah di Tanaf, yang memaksa pilot menurunkan ketinggian drastis hingga menyebabkan sejumlah penumpang mengalami cedera ringan.

Kendati demikian, pesawat yang berangkat dari Teheran itu akhirnya melanjutkan perjalanan ke Beirut sesuai jadwal setelah insiden tersebut.

Sebagai informasi tambahan, Israel telah melancarkan ratusan serangan ke Suriah sejak perang saudara pecah pada 2011 dengan target utama pasukan pemerintah dan Iran, juga kelompok Hizbullah.

Iran memang musuh bebuyutan Israel dan kerap saling mengancam untuk menyerang. Israel mengatakan kehadiran Iran dalam mendukung Assad adalah ancaman bagi negara Yahudi. Konflik sembilan tahun di Suriah telah menewaskan lebih dari 380.000 orang dan menelantarkan lebih dari setengah populasi negara itu.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts