Versi Drama Dibintangi Cha Eunwoo, Webtoon 'True Beauty' Kena Kontroversi Hak Cipta
TV

Webtoon 'True Beauty' yang segera digarap menjadi drama baru-baru ini menuai banyak kritik pedas dari netizen. Penasaran kenapa? Simak alasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Webtoon "True Beauty" tak lama lagi akan segera digarap sebagai drama. Hal ini cukup menarik perhatian, karena drama "True Beauty" akan dibintangi oleh Cha Eunwoo ASTRO dan Moon Ga Young. Ada banyak penggemar yang antusias dan menantikan penampilan keduanya dalam drama tersebut.

Namun, baru-baru ini webtoon tersebut menuai kontroversi terkait hak cipta. Hal ini dikarenakan natizen menemukan kemiripan antara gambar di webtoon dengan beberapa visual selebriti.

Pertama adalah karakter Lee Su Ho yang dianggap sangat mirip dengan Cha Eunwoo. Selanjutnya adalah karakter Han Seo Jun yang terlihat seperti versi kartun Kwon Hyun Bin atau yang juga dikenal dengan VIINI.

Versi Drama Dibintangi Cha Eunwoo, Webtoon \'True Beauty\' Kena Kontroversi Hak Cipta

Koreaboo

Sebelumnya penggemar tidak menganggap serius kemiripan tersebut dan merasa si penulis hanya menjadikannya sebagai inspirasi. Namun ketika episode webtoon tersebut dirilis baru-baru ini, karakter baru yang diperkenalkan sebagai MC Ye Jin terlihat persis seperti model Han Hyejin.

Penulis bahkan menampilkan gambaran grup idol yang dinamakan BBS. Tak hanya namanya yang mirip, visual ketujuh membernya terlihat seperti replika member BTS (Bangtan Boys) itu sendiri.

Versi Drama Dibintangi Cha Eunwoo, Webtoon \'True Beauty\' Kena Kontroversi Hak Cipta

Koreaboo

Segera setelah kontroversi itu berkembang, si penulis webtoon yakni Kim Na Young berusaha membela dirinya dengan mengunggah beberapa story Instagram. Dalam unggahannya itu dia menjelaskan bagaimana Disney menggunakan model di kehidupan nyata untuk membuat versi animasi mereka seperti "Peter Pan" dan "101 Dalmatians". Namun ia segera menghapus postingan tersebut tak lama setelahnya.

Versi Drama Dibintangi Cha Eunwoo, Webtoon \'True Beauty\' Kena Kontroversi Hak Cipta

Koreaboo


Melihat ini, netizen yang berang langsung memberikan beragam kritik kepadanya. Simak beberapa luapan amarah netizen berikut ini.

"Aku tidak tahu apakah itu karena dia tidak memiliki keterampilan untuk membuat karakternya sendiri atau karena dia ingin mendapatkan pengaruh dari 'modelnya'. Tapi terlepas apakah dia akan membuat karakter ini tampak serupa, setidaknya dia harus berbicara dengan 'model' tentang hal itu. Tidak hanya untuk webtoon, tapi untuk semua ilustrasi secara umum. Setiap pekerja seni harus memiliki kesopanan untuk meminta izin sebelum mendasarkan karakter fiksi dari dunia nyata."

"Jadi dalam arti tertentu, dia mengakui bahwa dia memang 'memodelkan' karakternya seperti para bintang K-Pop seperti yang dilakukan Disney. Tapi yang harus diketahui bahwa Disney merekrut dan membayar model mereka. Dia tidak melakukan itu."

"Aku ingin tahu apakah dia memiliki izin dari bintang-bintang itu untuk menggunakannya sebagai model..."

"Di mana hati nuraninya? Dan dia menyebut dirinya sebagai seorang seniman?"

"Aku cukup yakin ini telah melanggar hak cipta dan dia bisa dituntut karena hal itu."

"Ya, aku berhenti membaca ini karena karakternya mengingatkanku pada bintang di dunia nyata dan itu membuatku sangat terpukul. Aku tidak bisa berkonsentrasi pada ceritanya."

Menanggapi banyak komentar pedas tersebut, Kim Na Young mengatakan bahwa dia tidak segan untuk mengambil tindakan hukum. Sayangnya, ancaman tersebut tak menyurutkan niat netizen untuk terus memberikan kritik keras.

Sementara itu, "True Beauty" menceritakan tentang murid SMA bernama Lim Joo Kyung yang terlihat cantik setelah menggunakan riasan. Dia mengalami kisah cinta yang menggetarkan hati pada satu-satunya pria yang mengetahui wajah aslinya tanpa riasan.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts