8 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Mewarnai Rambut dengan Aman, Coba Sekarang!
iStock
Lifestyle

Menggunakan bahan alami sebagai pewarna rambut dapat meminimalisir kerusakan akibat paparan bahan kimia dari cat rambut. Karena itulah WowKeren menghadirkan berbagai bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mewarnai rambut. Penasaran?

WowKeren - Rambut kerap diibaratkan sebagai mahkota wanita karena memiliki peran penting untuk menunjang penampilan seseorang. Semakin cantik tampilan rambutnya, maka mereka bisa semakin percaya diri. Karena itulah mereka kerap melakukan berbagai cara untuk membuat rambutnya selalu tampil cantik, salah satunya adalah dengan mewarnainya.

Sayangnya, produk pewarna rambut seringkali menggunakan berbagai bahan kimia yang berisiko merusak kekuatan dan tekstur rambut. Karena itulah jika kamu berencana untuk mewarnai rambut, sebaiknya beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi risiko paparan bahan kimia.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan berbagai bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mewarnai rambut. Penasaran apa sajakah itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kopi


Kopi
Pxhere

Kopi tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai minuman, namun juga dapat digunakan sebagai pewarna alami rambut. Jika kamu memiliki warna rambut yang terlalu terang atau ingin menutupi uban, kamu bisa menggunakan kopi untuk menggelapkan rambut.

Cara penerapannya sangat mudah. Pertama-tama campurkan bubuk kopi dengan kondisioner secara merata lalu usapkan campuran tersebut secara perlahan ke rambut. Diamkan selama satu jam atau lebih dan tutup dengan shower cup atau handuk. Setelah itu bilas rambut dengan air dan sampo. Ulangi cara ini sampai kamu mendapatkan hasil yang sesuai.

2. Wortel


Wortel
Pxhere

Tak banyak yang tahu bahwa wortel dapat dijadikan sebagai salah satu pewarna alami rambut. Hal ini dikarenakan wortel dapat memberikan efek warna oranye kemerahan pada rambut, namun efeknya tetap tergantung pada warna asli rambut kamu.

Untuk menerapkannya pada rambut, kamu harus melalui beberapa langkah mudah. Pertama, campurkan wortel yang sudah dihaluskan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian balurkan ramuan tersebut ke seluruh rambut dan tutupi dengan shower cap. Diamkan selama kurang lebih satu jam lalu cuci rambut menggunakan cuka apel. Ulangi cara ini jika kamu merasa pewarnaan pertama belum memberikan hasil maksimal.

3. Buah Bit


Buah Bit
Pxhere

Jika kamu ingin mendapatkan warna merah gelap pada rambut, coba gunakan buah bit sebagai pewarna alami rambut. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung pigmen alami serta zat antosianin di dalamnya. Bahkan bisa dibilang jika buah bit dapat memberikan warna yang lebih merah daripada wortel.

Caranya sangat mudah, pertama campurkan buah bit yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa lalu oleskan pada rambut secara merata. Bungkus rambut menggunakan plastik atau shower cap lalu diamkan selama satu jam. Jika sudah, cuci bersih rambutmu menggunakan cuka apel.

4. Henna


Henna
Shutterstock

Kalian pasti sudah tidak asing dengan pewarna satu ini karena biasa digunakan untuk menghias tangan maupun pewarna kuku. Henna biasanya tersedia dalam bentuk bubuk maupun krim. Meski demikian, henna cenderung aman karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang ditumbuk.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan jika ingin mewarnai rambut dengan henna. Pertama, campur henna dan air dengan perbandingan 2:1 lalu balurkan ke seluruh rambut. Setelah itu tutupi rambut menggunakan plastik atau shower cap dan diamkan selama 12 jam. Jika sudah, cukup bilas rambut menggunakan air dan sampo.

5. Teh Hitam


Teh Hitam
Pxhere

Teh hitam diketahui sebagai salah satu jenis minuman yang kaya akan antioksidan sehingga dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Di samping itu, siapa sangka jika teh hitam ternyata juga dapat digunakan sebagai pewarna alami rambut. Hal ini dikarenakan teh hitam dapat menghasilkan warna gelap pada rambut secara alami serta membuatnya tetap sehat dan berkilau.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu terlebih dahulu harus mendinginkan air rebusan teh hitam lalu tuang ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan cairan tersebut pada rambut dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Terakhir, bilas rambut menggunakan air bersih. Ulangi cara ini jika warna yang dihasilkan belum sesuai dengan keinginanmu.

6. Lemon


Lemon
Pxhere

Bagi kamu yang ingin tampil keren dengan warna terang, sebaiknya gunakan lemon untuk mewarnai rambutmu. Hal ini dikarenakan sari lemon dapat membuat pigmen rambut memudar secara perlahan sehingga mampu memberikan efek sun-kissed yang alami. Yang tak kalah menarik, mewarnai rambut menggunakan air lemon bersifat permanen loh.

Mewarnai rambut menggunakan air lemon bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Pertama, peras air lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan air tersebut pada rambut secara merata. Setelah itu jemur rambut di bawah sinar matahari dan lakukan penyemprotan ulang. Diamkan rambut selama kurang lebih satu jam agar hasilnya lebih maksimal. Terakhir, kamu hanya perlu membilas rambut menggunakan air bersih.

7. Daun Pandan


Daun Pandan
Pxhere

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mewarnai rambut adalah daun pandan. Daun yang memiliki aroma wangi ini dapat membuat rambut terlihat lebih hitam, sehat dan berkilau. Caranya tidak sulit kok, pertama-tama cuci bersih tujuh helai daun pandan lalu potong sepanjang 3 cm. Setelah itu rebus dalam air mendidih sampai warnanya berubah kehijauan. Jika sudah, saring dan diamkan semalaman.

Keesokan harinya, kamu bisa menggunakan air rebusan daun pandan tersebut sebagai masker rambut. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Tapi ingat, jangan menyimpan atau menggunakan ramuan tersebut lebih dari dua minggu ya.

8. Kemiri


Kemiri

Pewarna alami rambut terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian adalah kemiri. Meski terdengar tidak biasa, bumbu dapur satu ini mampu menghitamkan rambut tanpa risiko kerusakan. Selain itu, harganya yang sangat terjangkau dan mudah ditemukan juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Caranya cukup mudah. Pertama sangrai kemiri yang sudah ditumbuk hingga halus sampai mengeluarkan minyak. Ambil minyak tersebut lalu pijatkan pada kulit kepala secara merata. Lakukan cara ini setiap 30 menit sebelum keramas. Agar hasilnya maksimal, lakukan selama beberapa minggu maka rambutmu akan terlihat hitam berkilau.

Demikian delapan bahan alami yang dapat digunakan sebagai pewarna alami rambut. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi warna rambut yang cocok untuk pemilik kulit sawo matang. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara mudah mewarnai rambut sendiri di rumah.

You can share this post!

Related Posts