Suhu di Jawa Timur Mendadak Jadi Dingin, Ternyata Ini Penyebabnya
SerbaSerbi

Suhu udara di beberapa wilayah Jawa Timur terasa lebih dingin dari biasanya akhir-akhir ini. Kasi Data dan Informasi BMKG mengatakan jika peristiwa ini bernama bediding dan biasa terjadi pada musim kemarau.

WowKeren - Suhu udara di beberapa wilayah Jawa Timur terasa lebih dingin dari biasanya. Bahkan, suhu dingin ini lebih terasa di pagi hingga malam hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto pun menjelaskan jika kejadian ini wajar terjadi di musim kemarau. Hal ini kerap disebut bediding.

Bahkan suhu udara hari ini diprakirakan berkisar antara 11 derajat di pagi hari hingga mencapai 35 derajat celcius. "Bediding adalah kondisi di mana pada malam hingga pagi hari terasa lebih dingin dari biasanya. Hal ini termasuk yang wajar dan normal terjadi pada saat musim kemarau," kata Teguh dilansir Detikcom, Senin (27/7).

Teguh menambahkan bediding ini terjadi hampir di seluruh wilayah Jatim. Bediding terjadi pada saat musim kemarau saat tutupan awan sedikit pada malam hari, bahkan tidak ada sama sekali. "Karena memang suhu dingin di wilayah Jatim hampir merata," imbuhnya.


Tak hanya itu, pada malam hari, nilai radiasi matahari yang sampai ke bumi adalah nol. Jadi, energi yang menghangatkan permukaan bumi adalah energi yang berasal dari gelombang panjang yang dipancarkan bumi.

Sedangkan jika kondisi langit berawan, maka energi yang dipancarkan menuju angkasa sebagian akan dipantulkan kembali menuju bumi. Namun, jika di langit tidak ada tutupan awan sama sekali, maka energi yang dipancarkan bumi akan lepas ke angkasa tanpa ada yang dipantulkan kembali ke bumi, sehingga suhu udara akan semakin dingin.

Sedangkan prakiraan cuaca hari ini, kelembaban udara berkisar antara 35-100%. Sedangkan angin dominan dari Tenggara ke Timur dengan kecepatan 5 sampai 30 KM per jam.

Sebelumnya, pada hari Minggu (26/7) kemarin, sejumlah kata kunci seperti "dingin", "Lawu", "Dieng", dan "hipotermia" sempat menjadi trending topic di Twitter. Pasalnya, warganet dari berbagai daerah di Indonesia mengeluhkan udara dingin.

Seperti akun @ezawjinnie95L juga turut mengunggah soal hawa dingin di lokasi tempat tinggalnya, tepatnya di Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan gambar yang ia unggah, menunjukkan suhu tercatat 16 derajat selsius. "Di kalian sekarang dingin gak? Disini dingin," tulis akun Twitter tersebut.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait