Anak Masih Belajar di Rumah Saat New Normal? Lakukan 7 Cara Ini Untuk Bantu Mereka Lebih Fokus
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Belajar di rumah kerap membuat anak kesulitan berkonsentrasi. Oleh sebab itu, bantu mereka agar bisa belajar lebih fokus dengan tujuh cara mudah berikut ini.

WowKeren - Pandemi virus Corona menyebabkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Tujuannya tak lain untuk menekan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut. Bahkan di era new normal seperti saat ini, sejumlah sekolah masih melangsungkan KBM jarak jauh karena risiko penularan virus Corona yang masih cukup tinggi.

Suasana belajar di rumah tentu jauh berbeda dengan di sekolah. Buah hati cenderung sulit berkonsentrasi dan lebih tergoda dengan hal-hal lainnya seperti rebahan, menonton televisi, bermain ponsel dan masih banyak lagi. Jika kondisi ini terus dibiarkan, tugas yang diberikan oleh guru mereka akan terbengkalai.


Anda pasti tak ingin membiarkan hal ini sampai berlarut-larut kan? Oleh sebab itu penting untuk membantu anak belajar di rumah agar ia tak mudah kehilangan konsentrasi. Jika Anda bingung memikirkan caranya, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab WowKeren telah merangkum beberapa cara mudah untuk membantu anak lebih fokus saat belajar. Penasaran apa saja itu?

(wk/eval)

1. Atur Jadwal Bersama Si Kecil


Atur Jadwal Bersama Si Kecil
Getty Images/Mayur Kakade

Agar kegiatan belajar anak selalu teratur, penting bagi mereka untuk memiliki jadwal harian. Pihak sekolah memang akan memberikan anak-anak jadwal pelajaran, namun Anda juga harus membuatkan jadwal harian untuk mereka. Jadwal ini bukan sesuatu yang memberatkan, namun harus mencakup waktu anak untuk belajar, istirahat, bermain dan melakukan kegiatan lainnya.

Pastikan untuk mengajak si kecil dalam membuat jadwal tersebut. Anda bisa berdiskusi dan meminta pendapat si kecil tentang pukul berapa mereka akan bangun, tidur, mandi, belajar, makan, bermain dan istirahat. Dengan begitu, mereka akan lebih bersemangat dan berkomitmen dalam menjalankan jadwalnya.

2. Imbau Si Kecil Untuk Mengerjakan Tugas Satu Persatu


Imbau Si Kecil Untuk Mengerjakan Tugas Satu Persatu

Saat mendampingi si kecil belajar, usahakan untuk tidak terlalu menekan mereka. Seperti halnya kegiatan belajar di sekolah, imbau si kecil untuk mengerjakan tugasnya satu persatu bukan sekaligus. Hal ini penting dilakukan agar anak lebih mudah berkonsentrasi dan menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Bila anak mendapatkan tugas yang cukup banyak, ajak mereka untuk mengerjakannya secara perlahan. Katakan pada mereka untuk mengerjakan tugas yang menurutnya lebih mudah dan menyenangkan terlebih dahulu. Dengan begitu, anak tidak akan terburu-buru karena harus menyelesaikan banyak tugas sekaligus.

3. Atur Ruang Belajar yang Tenang dan Menyenangkan


Atur Ruang Belajar yang Tenang dan Menyenangkan

Agar anak dapat belajar dengan fokus dan tidak mudah stres, mereka harus melakukannya di ruangan yang tenang dan menyenangkan. Hindarkan anak dari tempat yang membuatnya kehilangan konsentrasi seperti kamar tidur, ruangan dengan TV maupun ruang makan.

Pastikan ruang belajar anak memiliki penerangan yang cukup sebab belajar di tempat yang redup akan membuat mata cepat letih dan memicu rasa malas. Yang tak kalah penting, sediakan meja belajar khusus yang dilengkapi dengan kursi dan busa yang nyaman untuk duduk. Dengan begitu, anak akan lebih fokus meski belajar dari rumah.

4. Pastikan Koneksi Internet Berjalan dengan Baik dan Lengkapi Alat Belajar Anak


Pastikan Koneksi Internet Berjalan dengan Baik dan Lengkapi Alat Belajar Anak

Supaya proses belajar daring anak berjalan dengan lancar, pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pastikan gadget yang digunakan si kecil berfungsi dengan baik dan koneksi internet berjalan dengan stabil agar ia bisa menerima pelajaran dari guru tanpa kendala.

Selain itu, usahakan untuk melengkapi alat belajar anak mulai dari buku tulis, bolpoin, pensil warna dan lain sebagainya. Jangan sampai kegiatan belajar anak terganggu karena tidak memiliki alat-alat tersebut.

5. Sediakan Camilan Sehat


Sediakan Camilan Sehat

Logika tak bisa berjalan tanpa logistik. Oleh sebab itu penting untuk menyediakan kudapan bagi anak saat mereka sedang belajar. Dengan begitu, mereka akan tetap bertenaga, semangat dan tak mudah lelah saat sedang belajar di rumah.

Tapi jangan sembarangan menyediakan camilan untuk anak. Pastikan Anda memberi mereka kudapan yang sehat dan baik untuk tumbuh kembangnya. Di antaranya adalah salad buah, dark chocolate, oatmeal, telur dan ubi rebus, kacang-kacangan, yoghurt, smoothies, granola dan masih banyak lagi.

6. Jauhkan Benda yang Bisa Membuat Anak Tidak Fokus


Jauhkan Benda yang Bisa Membuat Anak Tidak Fokus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, belajar di rumah tak luput dari berbagai gangguan yang bisa membuat anak kurang fokus. Gangguan tersebut bisa datang dari televisi, smartphone maupun mainan yang mereka miliki.

Oleh sebab itu, jauhkan benda-benda tersebut dari anak saat mereka sedang belajar. Bila anak rewel, beri pengertian secara lembut dan perlahan kepada mereka. Tekankan pada si kecil bahwa mereka memiliki jadwal tersendiri untuk bermain, sehingga mereka harus berkonsentrasi saat sedang belajar.

7. Beri Anak Waktu Untuk Istirahat


Beri Anak Waktu Untuk Istirahat
Stocksy/Maria Manco

Agar anak tidak tertekan saat belajar di rumah, jangan lupa untuk memberi mereka waktu istirahat. Jangan terus menerus menyuruh si kecil belajar dan mengerjakan tugas, karena mereka akan kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Alhasil, mereka tidak akan belajar dengan maksimal.

Usahakan untuk selalu memberikan waktu istirahat yang cukup agar anak bisa mengembalikan energinya. Saat istirahat, Anda bisa memberikan mereka camilan, mengizinkan berkomunikasi dengan teman secara online atau sekedar menggerakkan tubuh agar tidak kaku. Dengan begitu, si kecil tidak akan mudah merasa stres dan kesal karena terlalu lelah saat belajar di rumah.

Demikian tujuh cara mudah dalam membantu anak belajar di rumah saat new normal. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mempersiapkan anak kembali ke sekolah di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi parenting yang bermanfaat untuk mengawasi tumbuh kembang anak.

You can share this post!

Related Posts