Bukan Berkas Pendaftaran, Ternyata Hal Ini Yang Wajib Dibawa Peserta SKB CPNS 2019
Nasional

BKN membocorkan hal yang wajib dibawa oleh para calon peserta saat pelaksanaan SKB pada 1 September sampai 12 Oktober 2020 mendatang. Berikut penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal terbaru soal pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019. Sedianya daftar ulang akan dilakukan pada Agustus 2020 mendatang dan tesnya dimulai pada 1 September hingga 12 Oktober 2020.

Tentu saja calon peserta harus mempersipakan diri sebaik mungkin, tak hanya soal materi tetapi juga hal-hal yang mesti dibawa saat tes. BKN pun membocorkan soal barang yang wajib dibawa peserta saat tes berlangsung, yang ternyata bukan berkas melainkan produk kesehatan seperti masker.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono. Ia menyarankan setiap peserta untuk membawa masker sendiri dan melengkapi kebutuhan alat pelindung diri (APD) lainnya sesuai instruksi dari instansi masing-masing.

"Yang paling penting masker, tapi kalau ada instansi yang mensyaratkan faceshield dan sarung tangan bisa saja," kata Paryono, Rabu (29/7). "Nanti akan ada pengumuman dari instansi apa yang harus peserta sediakan ketika tes SKB."


Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan SKB akan terbagi dalam tiga jadwal kegiatan. Yang pertama adalah pelaksanaan SKB dengan computer assisted test (CAT) sesuai jadwal.

"Kedua, bagi instansi yang melaksanakan SKB tambahan selain dengan CAT, maka waktu dan teknis pelaksanaannya diatur oleh masing-masing instansi yang telah memiliki persetujuan," imbuh Paryono, dikutip dari Kompas. "Dan dilaksanakan dalam kurun waktu September hingga Oktober 2020."

Baru setelahnya hasil seleksi akan diolah dan diumumkan pada 30 Oktober 2020. Hasil yang dimaksud ini bukan murni penilaian dari SKB saja, tetapi yang sudah diintegrasi dengan nilai seleksi kompetensi dasar (SKD).

Baru kemudian BKN akan mengusulkan Nomer Identitas Pegawai (NIP) bagi peserta yang dinyatakan lolos sebagai CPNS pada 1 sampai 30 November 2020. Dalam selang waktu itu juga akan ada tahapan pemberkasan yang wajib dilengkapi oleh setiap peserta.

Bagi para calon peserta, jangan sampai terlambat dalam mendapatkan informasi soal seleksi CPNS 2019. Kalian bisa cek jadwal terbaru dari BKN di sini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru