Sudah Tembus Rp 1 Juta Per Gram di Dalam Negeri, Ini Alasan Harga Emas Kian Mahal
Nasional

Harga emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pertama kali menembus Rp 1 juta per gram pada Selasa (28/7) lalu. Adapun harga emas pada Selasa lalu naik Rp 25 ribu.

WowKeren - Harga emas terus melambung tinggi beberapa hari belakangan. Di dalam negeri, harga emas bahkan telah menembus Rp 1 juta per gram pada Selasa (28/7) lalu.

Kenaikan harga emas ini rupanya didorong oleh sejumlah faktor. Melansir CNN, rekor baru harga emas kemungkinan tak terhindarkan akibat stimulus dari bank sentral Amerika Serikat (AS), imbal hasil obligasi yang rendah, dan melemahnya dolar AS.

Sebagai informasi, harga emas setidaknya telah melonjak hampir 30 persen pada tahun 2020 ini. Para pelaku pasar disebut telah ramai memborong emas dan logam mulia lain lantaran nilai dolar AS merosot. Adapun tahun ini dolar AS anjlok lebih dari tiga persen terhadap mata uang utama lainnya lantaran The Federal Reserves (The Fed) memangkas suku bunga menjadi nol.

"Ketika suku bunga nol, emas lebih baik daripada menyimpan uang di bank," terang Kepala Strategi Investasi dan Direktur Pelaksana QMA, Ed Keon, dilansir CNN pada Kamis (30/7). "Secara historis, emas adalah lindung nilai yang baik selama masa volatilitas dan ketidakpastian."


Selain itu, melemahnya dolar AS juga mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka panjang mendekati rekor terendah, yakni sekitar 0,6 persen. Hal ini lantas turut memicu para pelaku pasar untuk lebih memilih emas dan perak sebagai gantinya. Belum lagi adanya kekhawatiran terkait pelemahan ekonomi global dan peningkatan kasus COVID-19 di AS.

Tak hanya itu, sejumlah investor disebut juga melihat kemungkinan inflasi yang lebih tinggi. Diperkirakan triliunan dolar pinjaman dari The Fed dan beban utang tambahan yang dikeluarkan pemerintah AS untuk program stimulus COVID-19 dapat semakin melemahkan mata uang Negeri Paman Sam tersebut.

"Debasement dan akumulasi utang saat ini menabur benih untuk risiko inflasi masa depan meskipun risiko inflasi tetap rendah hari ini," terang ahli strategi di Goldman Sachs dilansir detikcom.

Melansir CNBC Indonesia, harga emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pertama kali menembus Rp 1 juta per gram pada Selasa (28/7) lalu. Adapun harga emas pada Selasa lalu naik Rp 25 ribu. Harga emas yang dijual Antam tersebut dibanderol Rp 1.022.000 per gram, untuk kepingan 1 gram. Sedangkan untuk kepingan 100 gram yang lumrah dijadikan acuan secara umum berada di angka Rp 964.120 per gram.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait