Kebanyakan Makan Daging Saat Idul Adha Bisa Picu Sembelit? Atasi Saja dengan 7 Cara Mudah Ini
Shutterstock
Health
Idul Adha di Tengah Corona

Di momen Idul Adha Anda mungkin akan mengalami sembelit jika kebanyakan makan daging. Oleh sebab itu, ketahui tujuh cara mudah berikut ini untuk mengatasinya.

WowKeren - Pada Jumat (31/7) besok umat Muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha. Di momen ini, hidangan daging di rumah biasanya akan sangat melimpah hingga membuat kita kalap. Akibatnya, kiat akan rentan mengalami sembelit karena terlalu banyak mengkonsumsi daging.

Kondisi ini sendiri dapat terjadi karena lemak dalam daging membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Saat hal itu terjadi, kerja sistem pencernaan akan melambat dan meningkatkan risiko sembelit. Feses pun akan mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.

Berkaitan dengan hal ini, WowKeren akan menghadirkan beberapa tips mengatasi sembelit karena terlalu banyak mengkonsumsi daging di momen Idul Adha. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih


Perbanyak Konsumsi Air Putih
Pixabay

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi sembelit adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Minum air putih yang cukup dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, melunakkan feses dan melancarkan BAB. Untuk mengatasi sembelit, pastikan Anda mengkonsumsi minimal delapan gelas air mineral setiap hari.

Selain air putih, Anda dapat mengimbanginya dengan mengkonsumsi jus buah, seperti apel dan pir. Kedua buah ini mengandung senyawa serat, sorbitol dan fruktosa yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, apel dan pir juga kaya akan kadar air sehingga dapat mencegah sembelit.

2. Menambah Asupan Serat


Menambah Asupan Serat

Cara efektif berikutnya untuk mengatasi sembelit adalah dengan menambah asupan serat dari buah dan sayur. Hal ini dikarenakan serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur feses menjadi lebih padat. Dengan begitu, feses akan lebih mudah terdorong keluar dari usus.

Di antara makanan berserat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit adalah kubis, apel, sereal bekatul, kacang hitam, wijen, bunga matahari, biji rami dan masih banyak lagi. Agar perut Anda tidak semakin terasa kembung, sebaiknya hindari makanan atau minuman dengan kandungan gas yang tinggi seperti minuman bersoda, makanan berlemak dan beberapa jenis sayuran seperti lobak dan kol.

3. Mengkonsumsi Kafein


Mengkonsumsi Kafein
Pixabay

Mengkonsumsi minuman berkafein juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi sembelit akibat terlalu banyak makan daging. Kafein dapat merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan untuk berkontraksi sehingga dapat memicu tubuh untuk buang air besar.

Meski demikian, usahakan tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Pasalnya kafein dapat memicu lebih sering buang air kecil, sehingga Anda akan mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi sembelit, Anda hanya perlu meminum satu gelas minuman berkafein per hari dan perbanyak konsumsi air putih.

4. Minum Teh Madu dan Lemon


Minum Teh Madu dan Lemon

Ada beberapa bahan yang dapat Anda gunakan sebagai pencahar alami, yaitu teh, madu dan lemon. Untuk membuatnya sebagai obat sembelit, Anda hanya perlu menyeduh teh lalu tambahkan dengan madu dan lemon ke dalamnya. Konsumsi ramuan sehat ini secara rutin sampai sembelit Anda teratasi.

Manfaat tersebut bisa didapatkan karena madu mampu mengurangi rasa asam teh yang disebabkan oleh lemon. Sedangkan lemon itu sendiri bertindak sebagai stimulan alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik


Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik
dataislam.com

Makanan yang mengandung probiotik merupakan kudapan baik yang bisa Anda konsumsi saat sedang sembelit. Probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik diketahui dapat melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, bakteri baik satu ini juga dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar, tubuh lebih berenergi, membuat kita lebih fokus dan menciptakan mood yang baik.

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan kandungan probiotik, di antaranya adalah yoghurt, kimchi, tempe, acar, kefir, cokelat, pisang dan sup miso. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat tersebut, sembelit akan teratasi dan Anda bisa buang air besar dengan lebih lancar.

6. Menggunakan Garam Epsom


Menggunakan Garam Epsom

Garam epsom juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah susah BAB akibat terlalu banyak makan daging. Manfaat ini didapat dari kandungan magnesium sulfat di dalamnya yang dapat mengatasi sembelit jangka pendek. Namun sebaiknya jangan gunakan metode ini untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit dengan garam epsom. Pertama, larutkan sekitar 3-5 sendok teh garam epsom ke dalam 250 ml air hangat. Aduk sampai rata lalu minum seperti biasa. Khusus untuk anak berusia 6-12 tahun, Anda hanya perlu menambahkan dua sendok teh garam epsom pada segelas air hangat.

Cara kedua, Anda bisa menggunakannya untuk mandi. Campurkan garam epsom di dalam bak mandi atau bathtub yang berisi air hangat lalu gunakan untuk berendam. Saat sedang berendam inilah, kandungan mineral di dalam garam epsom akan meresap ke tubuh dan melancarkan pencernaan Anda. Dengan begitu, sembelit akan teratasi.

7. Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga


Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga
Pxhere

Aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus, sehingga kegiatan ini dapat Anda lakukan untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Jika tak terbiasa melakukan olahraga berat, Anda bisa berjalan kaki di sekitar halaman rumah selama 10-15 menit secara rutin setiap hari.

Demikian tujuh tips mengatasi sembelit akibat terlalu banyak makan daging saat Idul Adha. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan tips menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menyimpan daging yang melimpah agar awet dan tetap berkualitas.

You can share this post!

Related Posts