Disebut Gunakan 'Obat COVID-19' Hadi Pranoto, RS Darurat Wisma Atlet Buka Suara
Nasional

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet membantah klaim Hadi Pranoto yang menyalurkan 'obat herbal COVID-19' miliknya ke RS untuk mengobati para pasien corona.

WowKeren - Nama Hadi Pranoto baru-baru ini tengah menjadi sorotan publik hingga trending topic di media sosial. Hal ini disebabkan karena klaimnya yang telah menciptakan "obat COVID-19".

Klaim tersebut ia sampaikan dalam wawancaranya bersama Anji melalui video di kanal YouTube dunia MANJI. Selain menemukan obat herbal untuk virus corona, Hadi juga menyalurkan obat tersebut Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Menanggapi klaim tersebut, Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayor Jenderal Tugas Ratmono menegaskan jika pihak RS Darurat Wisma Atlet tak pernah menggunakan "obat" milik Hadi Pranoto. “Sudah dicek, sejauh ini tidak ada,” kata Tugas, Minggu (2/8).


Senada, Mantan Komandan Satuan Tugas Kesehatan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Brigadir Jenderal Agung Hermawanto mengatakan juga tak pernah menggunakan obat buatan Hadi. “Waduh, kenal pun enggak saya,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (2/8).

Seperti yang telah diketahui, Hadi mengklaim jika menyalurkan obatnya ke RS Wisma Atlet lantaran rumah sakit tersebut digunakan sebagai tempat merawat pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang. “Iya sebagian Wisma Atlet, kita kemarin menyuplai untuk pengobatan dan penyembuhan pasien yang ada di Wisma Atlet,” kata Hadi saat diwawancara.

Ia mengatakan jika obat herbal antibodi yang digunakan untuk menyembuhkan COVID-19 tersebut hanya membutuhkan waktu 2 sampai tiga hari untuk bekerja. Obat tersebut telah berhasil dan menyembuhkan ribuan orang dan telah didistribusikan ke sejumlah daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali dan kalimantan.

Sebelumnya, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Wakil Ketua Umum PB IDI, dr. Slamet Budiarto turut memberi tanggapan soal klaim terkait obat COVID-19 ini. Ia menegaskan jika obat tidak bisa sembarangan diklaim karena harus melalui uji klinik.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait