RI Tembus 111 Ribu Kasus Corona, Ternyata Hampir Setengahnya Dikonfirmasi Bulan Juli
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia hingga Minggu (2/8) sampai lebih dari 111 ribu pasien. Belakangan terungkap sebanyak nyaris setengahnya terkonfirmasi pada bulan Juli 2020.

WowKeren - Hingga Minggu (2/8) kemarin, Indonesia sudah mencatatkan sebanyak 111.455 kasus positif COVID-19. Jelas bukan angka yang bisa dipandang sebelah mata, apalagi bila ditambah dengan sebuah fakta mencengangkan bahwa nyaris setengah kasus ini dikonfirmasi pada bulan Juli 2020.

Dilansir dari CNN Indonesia, pada Juli 2020 saja tercatat ada 51.991 kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi. Jumlah ini berarti ada peningkatan sampai hampir dua kali lipat dari pasien positif terinfeksi virus Corona yang dikonfirmasi pada bulan Juni 2020, yakni mencapai 29.912 orang.

Penambahan jumlah kasus per hari sepanjang Juli lalu rata-rata berada di angka lebih dari 1.000 kasus. Bahkan peningkatan pernah mencapai rekor tertinggi pada 9 Juli lalu, yakni dengan 2.657 kasus.


Selama periode krisis itu, tercatat ada dua provinsi yang silih-berganti menjadi penyumbang terbesar kasus harian COVID-19. Dikutip dari berbagai sumber, DKI Jakarta dan Jawa Timur kerap menjadi penyumbang terbesar, meski pernah sekali Jawa Barat mengonfirmasi hampir seribu kasus dalam sehari akibat adanya klaster wabah Corona di Sekolah Calon PerwiraTNI AD Bandung.

Bahkan beberapa hari terakhir DKI Jakarta mencatatkan lonjakan kasus harian yang kerap kali memecahkan rekor. Belakangan beberapa pihak mengaitkan hal ini dengan aktivitas perkantoran yang mulai buka hingga Gubernur Anies Baswedan yang kembali memberlakukan fase transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sementara di sisi lain, kasus di Jawa Timur berangsur-angsur surut. Bahkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sempat mengklaim kota yang dipimpinnya itu sudah menjadi zona hijau karena tingkat kesembuhan COVID-19 yang kian tinggi.

"Di mana kondisi Surabaya sudah (zona) hijau yang artinya penularannya kita sudah rendah," kata Risma saat teleconference dengan pedagang serta perwakilan masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Gunung Anyar, Minggu (2/8). "Lalu yang sembuh sudah banyak."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts