Pandemi Bikin Takut Ke Dokter? 7 Obat Alami Ini Bisa Jadi Pertolongan Pertama Atasi Gusi Bengkak
Shutterstock/9nong
Health

Saat pandemi virus COVID-19 ini, banyak orang yang ragu pergi ke dokter gigi. Untuk itu, jika belum parah kalian bisa mencoba mengatasi gusi bengkak menggunakan bahan alami ini. Tetapi jika sudah parah, kalian wajib ke dokter ya!

WowKeren -

Salah satu masalah kesehatan mulut dan gigi yang sering dialami adalah gusi bengkak. Gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi. Umumnya, keluhan gusi bengkak bisa disertai gejala lain, seperti munculnya nanah di bawah gusi atau gigi, bau napas tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut.

Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat diatasi dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini dapat dilakukan dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan dari celah gigi. Namun cara lebih efektif adalah memeriksakannya ke dokter gigi.

Namun, saat pandemi virus COVID-19 ini, banyak orang yang ragu pergi ke dokter gigi. Apalagi diketahui bahwa virus ini menular melalui droplets. Untuk itu, jika belum parah kalian bisa mencoba mengatasi gusi bengkak menggunakan bahan alami yang tim WowKeren rangkum berikut. Tetapi jika sudah parah, kalian wajib ke dokter ya!

(wk/putr)

1. Air Garam


Air Garam

Ini merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Berkumur dengan air garam dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi yang bengkak. Hal ini bukan tanpa alasan, garam diketahui sebagai salah satu bumbu dapur yang punya kandungan antiseptik.

Jadi jika kalian mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi, garam bisa meredakan rasa sakit lebih cepat. Cara membuatnya juga gampang, kalian cukup campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Kemudian, kumur dengan larutan ini selama 30 detik. Berkumurlah sebanyak 2-3 kali sehari sampai gusi tak lagi bengkak.

2. Perasan Air Lemon


Perasan Air Lemon

Jika kalian memiliki lemon, enggak ada salahnya menggunakannya untuk mengatasi gusi yang bengkak. Menggunakan perasan air lemon dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang dan juga gusi bengkak. Sebab, lemon juga merupakan antiseptik alami yang bisa digunakan membasmi bakteri.

Kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan Ph dalam mulut. Caranya mudah, kalian cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kalian bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

3. Kunyit Bubuk


Kunyit Bubuk

Obat alami gusi bengkak selanjutnya datang dari rempah-rempah yakni kunyit. Rempah berwarna kuning ini ternyata bisa jadikan gel dan bertindak sebagai obat alami gusi bengkak. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang memiliki komponen antiperadangan dan bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menemukan bahwa gel kunyit ampuh dalam mencegah gingivitis, yakni salah satu penyebab gusi bengkak paling umum.

Cara mengaplikasikan obat alami gusi bengkak ini juga mudah. Kalian hanya perlu membuat pasta kunyit dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh air. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan cara berkumur menggunakan air bersih.

4. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Menurut Journal of Clinical and Experimental Dentistry, lidah buaya dapat bertindak sebagai obat gingivitis yang efektif. Maka tak heran bila kemudian Lidah buaya juga bermanfaat meredakan pembengkakan dan membunuh bakteri berbahaya penyebab gusi bengkak.

Caranya juga enggak susah, berkumurlah dua sendok teh air kumur lidah buaya. Namun ingat, setelah berkumur, jangan menelan airnya. Lakukanlah metode ini sebanyak dua kali dalam sehari, selama 10 hari.

5. Bawang


Bawang

Baik bawang putih maupun bawang merah bisa menjadi obat alami untuk gusi bengkak. Hal ini karena keduanya memiliki sifat antimikroba dan antiseptik, sehingga dapat menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit. Selain itu, bawang juga mengandung agen antioksidan kuat yang disebut flavonoid quercetin yang mampu meredakan sakit gigi.

Cara penggunaannya juga sederhana, kalia cukup mengunyahnya saja. Namun, jika tak mau atau tak bisa mengunyahnya langsung, kalian bisa menempelkan irisan bawang di gigi atau gusi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan menumbuk satu siung bawang ditambah dengan satu sendok teh garam, lalu oleskan di area yang sakit.

6. Teh Herbal


Teh Herbal

Selain ampuh menenangkan pikiran, teh herbal ternyata juga bisa menjadi obat alami gusi bengkak loh. Sebab, banyak teh herbal yang mengandung tannin, yaitu komponen yang bisa meredakan nyeri pada gusi saat pembengkakan terjadi. Teh herbal yang dimaksud yakni seperti teh hijau atau teh hitam.

Tidak hanya itu, teh jahe ataupun teh chamomile pun juga bisa dijadikan obat alami gusi bengkak yang mengatasi peradangan. Selain meminumnya, kalian juga boleh mengambil kantong tehnya, lalu merendamnya di dalam air hangat. Setelah itu, letakkan saja di bagian gusi bengkak yang terasa nyeri.

7. Kompres Es Batu


Kompres Es Batu

Cara mengatasi gusi bengkak yang paling sederhana adalah mengkompresnya. Kalian bisa memilih kompres hangat atau dingin karena keduanya sama-sama dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan pada gusi. Kompres dianggap ampuh meredakan pembengkakan dan rasa nyeri yang sering kali menemani gusi bengkak.

Untuk membuat kompres panas untuk gusi, celupkan kain bersih ke dalam air panas. Peras air yang berlebih, lalu tempelkan kain pada bagian pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi yang sakit. Untuk kompres dingin, bungkus es dengan kain bersih dan kompres dengan cara yang sama. Namun perlu diingat, jika sakit masih terus berlanjut, kalian wajib pergi ke dokter ya.

Selain itu, kalian juga bisa melihat artikel ini untuk melihat berbagai obat alami yang bisa redakan gatal karena alergi. Simak juga artikel ini untuk melihat berbagai jenis jamu tradisional yang bakal bikin kalian enggak gampang sakit.

You can share this post!

Related Posts