Unik! Bukan Pakai Zoom, ITS Malah Gelar Wisuda Online Berbasis Minecraft
https://www.its.ac.id/
SerbaSerbi
Sekolah di Tengah Corona

Pandemi virus Corona menyebabkan wisuda harus dilakukan secara virtual. Namun bukan menggunakan cara biasa, ITS justru menghadirkan wisuda daring memakai minecraft!

WowKeren - Proses wisuda tak bisa ditanggalkan begitu saja kendati sedang dilanda pandemi COVID-19. Bila sebelumnya Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar wisuda drive thru memakai delman, atau kampus lain yang mengadakan wisuda dengan memakai aplikasi Zoom.

Namun Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menghadirkan inovasi baru! Sebab bukan menggunakan Zoom atau metode drive thru, ITS malah menghadirkan wisuda virtual melalui Minecraft Education Edition.

Twitter

Sebagai informasi, Minecraft merupakan salah satu permainan yang memberi kesempatan bagi penggunanya untuk membangun dunia tanpa batas. Dan basis permainan inilah yang kemudian dijadikan acuan pelaksanaan wisuda virtual oleh ITS pada Minggu (2/8) kemarin.

Unik! Bukan Pakai Zoom, ITS Malah Gelar Wisuda Online Berbasis Minecraft

Twitter


Rupanya ide cemerlang nan unik ini dihadirkan oleh Departemen Teknik Informatika serta Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi ITS. Dan ternyata, untuk mengembangkannya pun diperlukan waktu yang sangat lama, bahkan gladi resiknya memakan 12 jam sendiri!

Twitter

Langkah unik ini pun menuai banyak pujian dari warganet. Kendati konsep ini tergolong "biasa" di luar negeri, di Indonesia sendiri belum pernah ada yang melaksanakannya.

"Buat yang nanya gmna cara buatnya, ada guys. Ini kayak minecraft education gitu bentukannya. Dia bisa bikin non-player character buatan dan bisa ngobrol kayak di pict 4. Bisa dibikin flow wisuda (datang, salam-salaman, dll) dijadiin in-game story gitu," jelas @an****uy menjelaskan secara singkat proses pembuatan.

"Coba modenya survival, ketika ada laba-laba, creeper, atau ga zombie yg datang, kan lebih seru sambil perang, bagi servernya!" seloroh @cr**rs. "Nanti kalo gabisa lawan zombi gajadi wisuda," imbuh @pow****rl.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts