Lebih Sehat dan Tak Kalah Nikmat, Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Pengganti MSG
Kuliner

Untuk menambah rasa sedap pada masakan, biasanya kita akan menambahkan MSG atau micin. Tapi jika digunakan secara berlebihan, MSG dapat memberi dampak buruk pada kesehatan. Oleh sebab itu, mulailah beralih menggunakan penyedap alami berikut ini.

WowKeren - U

ntuk memasak hidangan yang lezat, tidak sedikit dari kita yang menambahkan Monosodium Glutamate (MSG) atau yang biasa dikenal dengan micin ke dalam masakan. Mengkonsumsi MSG dalam batas wajar memang aman-aman saja namun jika dilakukan dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

MSG sendiri telah menjadi perbincangan kontroversial dan sering dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan. Di antara masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh MSG adalah tubuh menjadi lemas, kulit memerah, tekanan atau rasa kencang pada wajah, tubuh berkeringat, mati rasa, kesemutan, detak jantung menjadi lebih cepat, nyeri dada, sakit kepala hingga mual.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai kurangi penggunaan MSG dalam masakan Anda demi menjaga kesehatan keluarga. Sebagai gantinya, Anda bisa menggantinya dengan berbagai penyedap rasa alami yang mudah ditemukan di dapur. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Rempah-Rempah


Rempah-Rempah

Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan rempah. Berbagai rempah memiliki fungsi penting sebagai penyedap rasa alami untuk membuat masakan semakin lezat. Misalnya kunyit dan jintan dapat digunakan sebagai pengganti MSG untuk membuat masakan terasa lebih hangat di perut.

Rempah lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai penyedap rasa adalah lada hitam dan putih yang dapat memberikan rasa pedas pada makanan. Keduanya dapat memberikan sentuhan berbeda pada masakan, terutama karena aromanya yang khas. Bahkan jika Anda tidak menambahkan cabai, lada akan mampu memberikan rasa spicy pada masakan.

2. Jamur


Jamur
Pxhere

Jamur dikenal sebagai salah satu bahan makanan dengan rasa umami sehingga dapat digunakan sebagai penyedap rasa alami yang tak kalah dengan sapi atau ayam. Karena itulah di beberapa restoran berkonsep fine dining, pelayan biasanya akan menambahkan parutan halus jamur truffle sebagai penambah rasa dan aroma.

Selain sebagai penyedap rasa, jamur juga mengandung sejumlah gizi baik seperti magnesium, kalsium, berbagai vitamin, selenium dan protein. Jika ingin membuat kaldu bubuk jamur sendiri, Anda dapat mencampurkan jamur shitake, merang dan champignon dengan bawang lalu cincang sampai halus kemudian sangrai sampai kering. Sedangkan untuk kaldu cair, Anda hanya perlu merebus semua bahan tersebut lalu saring dan letakkan dalam wadah.

3. Garam dan Gula


Garam dan Gula

Garam merupakan penyedap alami yang dapat meningkatkan cita rasa pada masakan. Meski demikian, garam tetap membutuhkan tambahan rempah lain untuk memunculkan rasa sedap pada masakan. Dan yang perlu diingat, jangan sampai berlebihan dalam menambahkan garam karena dapat membuat tekanan darah meningkat.

Sedangkan gula dapat Anda gunakan untuk menambah rasa gurih dan menyeimbangkan rasa asin dari garam untuk membuat masakan menjadi lebih lezat. Selain itu, gula juga dapat difungsikan sebagai pengental makanan, menghasilkan warna dan pengawet alami.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih


Bawang Merah dan Bawang Putih
Pixabay

Seperti halnya garam, bawang juga memiliki peran penting untuk membuat masakan terasa lebih sedap. Bawang putih, bawang merah dan bawang bombay memiliki rasa yang berbeda dengan fungsi yang hampir sama. Bawang bombay dapat memberi kesan rasa manis, bawang merah mampu menghasilkan rasa gurih sedangkan bawang putih dapat menambah aroma tajam yang khas.

Karena berbagai fungsinya itulah, masakan Indonesia yang dibuat tanpa bawang terasa kurang lengkap. Guna menambah cita rasa dengan bawang, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti ditumis, digoreng maupun dicampur ke dalam kaldu.

5. Rumput Laut


Rumput Laut

Penyedap rasa alami berikutnya adalah rumput laut yang mengandung yodium dan seng. Penggunaan rumput laut sebagai penyedap rasa dapat dilakukan dengan cara direbus menjadi kaldu multifungsi, tambahan saus maupun tambahan tumisan karena dapat menghasilkan rasa yang umami.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rumput laut kering sebagai penambah rasa dengan memasukkannya ke dalam masakan atau menaburkannya ke atas makanan. Karena peran pentingnya itulah rumput laut kerap dijadikan bahan utama dalam pembuatan kaldu di berbagai negara. Misalnya masyarakat Korea yang kerap mencampur rumput laut dengan ikan teri untuk membuat kaldu yang lezat.

6. Saus Tiram


Saus Tiram

Saus tiram adalah bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti MSG. Saus tiram sendiri terbuat dari campuran tiram yang direbus sampai mengental. Saus tiram memiliki rasa gurih dan asin yang berwarna hitam pekat dengan konsistensi yang lebih kental dari kecap hitam.

Selain digunakan sebagai penyedap rasa, saus tiram juga dapat difungsikan sebagai pengental dan penambah warna. Tak hanya itu, saus tiram juga bisa menjadi tambahan dalam marinasi daging dan ikan untuk menghasilkan rasa gurih pada masakan.

7. Terasi


Terasi
nyonyacooking.com

Penyedap alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah terasi. Terasi sendiri merupakan bumbu yang dibuat dari bubuk ikan udang kecil yang telah melewati proses fermentasi. Terasi biasanya digunakan sebagai penyedap pada sambal, tumisan sayur, nasi dan mi goreng serta untuk membumbui berbagai masakan.

Demikian tujuh penyedap rasa alami yang dapat digunakan sebagai pengganti MSG. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi menu bekal makan siang yang bisa Anda bawa ke kantor selama new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menyimpan makanan beku yang bisa diterapkan selama pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts