Selain Cantik, 7 Tanaman Ini Ternyata Juga Bisa Jadi Pengusir Nyamuk Loh!
Getty Images/Thanasis Zovoilis
SerbaSerbi

Ada banyak sekali jenis tanaman yang ternyata bisa mengusir nyamuk. Kebanyakan tanaman pengusir nyamuk hanya mampu mencegah datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk.

WowKeren -

Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Tak heran jika banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mengusir nyamuk salah satunya menggunakan tanaman.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang ternyata bisa mengusir nyamuk. Kebanyakan tanaman pengusir nyamuk hanya mampu mencegah datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk. Namun, bau ini seringkali terlalu lemah sehingga dibutuhkan pengolahan atau perlakuan tertentu.

Beberapa tanaman pengusir nyamuk dapat langsung menunjukkan efeknya hanya dengan menanamnya di sekitar rumah kalian. Selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga cocok untuk tanaman hias loh. Apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 8 jenisnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tanaman Rosemary


Tanaman Rosemary

Selama ini, banyak orang yang memanfaatkan rosemary sebagai salah satu jenis bumbu dapur. Namun tanaman ini ternyata memiliki manfaat lain yakni sebagai pengusir nyamuk. Rosemary memiliki aroma seperti aroma minyak telon atau minyak kayu putih. Konon katanya, tanaman pengusir nyamuk ini tahan terhadap panas matahari, penyakit, dan hama.

Nah bau yang dihasilkan rosemary inilah yang mampu mengusir nyamuk. Aromanya mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya. Untuk menggunakannya, kalian cukup mematahkan beberapa daun rosemary agar aromanya keluar. Atau kalian juga bisa menggosok tanaman pengusir nyamuk ini di kulit sehingga nyamuk enggak bakal berani dekat-dekat kalian lagi.

2. Bunga Krisan


Bunga Krisan
Unsplash/Yoksel Zok

Bunga krisan adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai. Bentuk bunga dan warnanya yang indah membuat tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 cm ini, seringkali menjadi bagian dari rangkaian buket bunga. Selain itu, aroma yang dihasilkannya pun sangat harum, tetapi tidak untuk nyamuk-nyamuk.

Bunga krisan ini sangat direkomendasikan untuk memperindah pekarangan rumah. Suasana pekarangan lebih hidup, rumah kalian pun akan bebas nyamuk. Setelah tanaman ini mulai berbunga, Anda dapat memetik bunganya dan mengeringkannya untuk dijadikan teh.

3. Bunga Lavender


Bunga Lavender

Lavender telah lama dikenal khasiatnya sebagai tanaman anti nyamuk paling ampuh di seluruh dunia. Aroma bunganya yang harum sangat disukai manusia namun begitu dibenci oleh nyamuk karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat.

Itulah kenapa banyak obat anti nyamuk yang menjadikan lavender sebagai salah satu campuran atau aroma dari obat tersebut. Kalian bisa menempatkan tanaman bunga lavender di dalam pot ataupun langsung di tanah di depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

4. Serai Wangi


Serai Wangi

Sama dengan rosemary, tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi diketahui juga bisa mengusir nyamuk loh. Efeknya dalam mengusir nyamuk patut diacungi jempol sehingga tidak heran, ekstrak tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan lotion antinyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Kalian cukup menanam tanaman berwujud seperti rumput liar berdaun panjang ini di perkarangan rumah agar mendapatkan efek pengusir nyamuknya.

5. Lemon Balm


Lemon Balm

Lemon balm adalah tumbuhan yang masuk dalam keluarga mint. Ia juga lebih dikenal sebagai balm, balm mint atau sweet balm. Ciri khas tumbuh lemon balm adalah daun berbentuk bulat hari yang memancarkan bau lemon saat dihancurkan.

Tanaman ini biasanya dijadikan tanaman hias, namun lemon balm juga bisa mengusir nyamuk loh. Kandungan sitronelal di dalam lemon balm adalah zat utama yang sangat tak disukai oleh nyamuk. Sementara itu, nektar bunga lemon balm yang indah justru sangat disukai oleh kupu-kupu dan membuat mereka senang mengunjunginya.

6. Bunga Geranium


Bunga Geranium

Kalian cukup meletakkan tanaman ini di dalam ruangan untuk mendapatkan efek pengusir nyamuknya. Ukuran tanaman yang terbilang mini dan bunganya yang menawan, tentu cocok untuk menghiasi ruangan-ruangan kalian. Efek pengusir nyamuknya berasal dari aroma bunga yang menyebar melalui perantara udara.

Hal ini membuat bunga geranium enggak disarankan untuk diletakkan di ruangan yang terlalu besar. Selain itu, aroma bunga ini memiliki efek kesehatan yang lain seperti mengurangi stres. Bagi kalian yang tinggal di apartemen atau kos, bunga ini bisa menjadi pilihan tepat dalam mengusir nyamuk.

7. Tanaman Zodia


Tanaman Zodia

Zodia sebenarnya tumbuh subur di tanah Papua, tapi sekarang sudah semakin mudah ditemukan di banyak tempat. Tamanan yang satu ini juga bisa diletakkan di dalam rumah untuk mengusir nyamuk membandel yang berkeliaran.

Zodia mengeluarkan aroma khas yang bisa membuat nyamuk pergi. Bila ingin khasiat yang lebih ampuh lagi, oleskan getah daun ke tangan dan kaki kalian. Lakukan langkah tersebut saat kamu mau melakukan aktivitas di luar ruangan.

8. Bunga Kamboja


Bunga Kamboja

Tanaman yang satu ini sering dianggap mistis karena banyak ditemukan di pemakaman. Namun, bukan berarti kalian tak bisa menanamnya di rumah, loh. Apalagi bunga kamboja memiliki warna yang sangat cantik yakni perpaduan warna putih dan kuning.

Tanaman yang satu ini pun berumur panjang hingga puluhan tahun. Aroma bunga kamboja juga diyakini ampuh mengusir nyamuk. Bila memang ingin lebih berkhasiat lagi, ambil minyak dari ekstrak bunga kamboja dan oleskan di seluruh tubuh. Dijamin nyamuk-nyamuk bakal kabur.

You can share this post!

Related Posts