Jokowi dan Menteri 'Terciduk' Ratas Tatap Muka Tanpa Masker, Ini Penjelasan Istana
Twitter/setkabgoid
Nasional

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri kedapatan tak menggunakan masker dalam rapat terbatas yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/8) kemarin. Merespon hal ini, Kepala Sekretariat Presiden pun memberi klarifikasi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/8). Sayangnya, pada kesempatan tersebut, Jokowi dan sejumlah menterinya kedapatan tak menggunakan masker.

Foto-foto rapat tersebut diambil oleh pihak Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden. Kemudian dibagikan di media sosial melalui akun Twitter resmi Sekretariat Kabinet @setkabgoid.

Dalam foto terlihat Presiden yang duduk di tengah memimpin rapat tanpa menggunakan masker. Sementara, sejumlah menteri tampak ada yang memakai masker dan ada yang tidak.

Adapun menteri yang tidak mengenakan masker dalah Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Jokowi dan Menteri \'Terciduk\' Ratas Tatap Muka Tanpa Masker, Ini Penjelasan Istana

Twitter

Sedangkan, menteri yang terlihat menggunakan masker antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Ada juga yang terlihat menggunakan masker di satu foto, tetapi dalam foto lain saat rapat tersebut tidak mengenakan masker, seperti Airlangga Hartarto.


Beredarnya foto-foto tersebut tentunya mengundang permasalahan pada sejumlah netizen. Tak sedikit yang mengkritik Jokowi dan para menteri yang tak mengenakan maskernya saat rapat berlangsung, padahal dalam protokol kesehatan dianjurkan untuk menggunakan masker.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, dalam rapat yang membahas penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional itu Jokowi dan seluruh menteri awalnya mengenakan masker sesuai protokol yang telah ditetapkan.

Namun, Presiden dan beberapa menteri kemudian mencopot masker yang dikenakan. "Buka (dan) tutup masker," kata Heru dilansir Kompas, Selasa (4/8).

Meski Jokowi dan sejumlah menteri melepas masker, namun Heru menilai rapat tersebut relatif aman dari potensi penularan COVID-19 karena sudah dipasang pembatas. "Sudah ada kaca akrilik," ujarnya.

Selain itu, jarak tempat duduk juga sudah diatur sehingga tidak terlalu rapat. Heru juga sebelumnya memastikan semua orang yang bertemu Presiden, termasuk para menteri, wajib menjalani swab test dan rapid test.

Swab test dilakukan sehari sebelumnya, sementara rapid test dilakukan saat tiba di Istana Kepresidenan. "Walaupun sudah dilakukan swab, di hari H-nya akan dilakukan rapid test," tandasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait