Masuk Kantor Saat New Normal? Waspadai 10 Benda yang Rawan Jadi Perantara Virus Corona Ini
Rawpixel
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Ada beberapa benda kantor yang harus Anda waspadai karena sangat rentan dihinggapi virus Corona. Penasaran apa saja itu? Simak rincian lengkapnya berikut ini.

WowKeren -

Setelah kebijakan new normal diberlakukan, berbagai perusahaan telah mengizinkan karyawannya kembali bekerja di kantor. Karena itu, penting bagi kita untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar terhindar dari inveksi virus Corona. Mulai dari menggunakan masker, disiplin jaga jarak, membawa bekal sendiri hingga selalu menjaga kebersihan tangan.

Di samping itu, kita juga harus mewaspadai beberapa benda yang rawan menjadi media penularan virus Corona. Karena seperti yang diketahui, virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang telah ditempeli virus tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan merangkum beberapa benda kantor yang sebaiknya Anda waspadai karena berisiko menjadi tempat bersemayamnya virus Corona. Penasaran apa saja itu? Langsungs aja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mesin Fingerprint


Mesin Fingerprint

Sebelum masuk kantor dan memulai bekerja, kita diharuskan untuk melakukan absensi sebagai tanda kehadiran. Agar lebih mudah dan praktis, sejumlah perusahaan menyediakan mesin fingerprint untuk absensi.

Karena digunakan oleh banyak orang, mesin fingerprint menjadi salah satu benda yang rawan ditempeli virus Corona. Pasalnya kita tidak tahu apakah orang lain yang menyentuhnya bebas dari virus Corona atau tidak. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu membersihkan tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer setelah menggunakan mesin fingerprint.

2. Gagang Pintu


Gagang Pintu

Benda kantor berikutnya yang rawan jadi perantara virus Corona adalah gagang pintu. Karena seperti yang diketahui, gagang pintu merupakan salah satu benda yang paling sering dipegang oleh manusia. Untuk itu, sebaiknya waspadai benda satu ini saat berada di kantor dan lakukan beberapa langkah pencegahan agar Anda tak sampai tertular virus Corona.

Langkah pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka pintu menggunakan siku tangan jika Anda menggunakan lengan panjang. Jika cara ini dirasa terlalu sulit, Anda bisa menggunakan sarung tangan atau membalut tangan dengan tisu saat menggenggam gagang pintu. Setelah itu segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk memastikan virus tidak menempel ke tubuh Anda.

3. Tombol Lift


Tombol Lift

Tombol lift yang sering disentuh orang menjadi salah satu benda yang sangat rentan ditempeli virus Corona. Bayangkan, berapa banyak orang yang naik turun bangunan menggunakan lift dan seberapa sering mereka menekan tombol tersebut?

Oleh sebab itu saat berada di lift sebaiknya gunakan tisu atau sarung tangan untuk memencet tombolnya. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penyebaran virus Corona melalui benda satu ini.

4. Dispenser


Dispenser

Benda di kantor berikutnya yang rawan menjadi perantara virus Corona adalah dispenser. Agar lebih hemat dan kebutuhan cairan terpenuhi, kita biasanya akan mengambil air di dispenser kantor. Beberapa dari kita bahkan sengaja membawa botol kosong dari rumah lalu mengisi ulang airnya di kantor.

Karena sering disentuh banyak orang, tombol atau katup dispenser sangat mungkin menjadi tempat bersarangnya virus Corona. Untuk menghindari penularan, usahakan untuk selalu membawa air minum sendiri dari rumah. Bila perlu, bawa sebotol besar air agar Anda tak kebingungan jika tiba-tiba kehabisan air.

5. Benda di Toilet Kantor


Benda di Toilet Kantor

Berbagai benda di kamar mandi kantor juga sangat rentan ditempeli virus Corona mulai dari kran hingga flush toilet. Orang tanpa gejala bisa saja buang air di toilet lalu menekan berbagai benda tersebut. Jika tidak dibersihkan dengan benar, virus yang menempel sangat mungkin menular pada orang lain.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan saat menggunakan toilet kantor dan jangan menyentuh sembarang benda yang ada di sana. Agar lebih aman, sebaiknya terapkan tujuh tips ini saat menggunakan toilet umum agar terhindar dari virus Corona.

6. Gagang Telepon


Gagang Telepon

Telepon kantor yang biasanya digunakan oleh banyak orang juga harus Anda waspadai. Pasalnya benda satu ini sangat berisiko untuk memindahkan kuman, bakteri maupun virus dengan mudah.

Untuk menghindari penularan virus Corona melalui gagang telepon, pastikan selalu membersihkan tangan setelah menggunakannya. Selain itu, usahakan untuk membersihkan gagang telepon secara berkala menggunakan cairan disinfektan.

7. Mesin Pembuat Kopi


Mesin Pembuat Kopi

Bagi Anda yang terbiasa membuat kopi di kantor, sebaiknya hindari kebiasaan itu untuk sekarang. Karena digunakan oleh banyak orang, mesin kopi sangat rentan jadi media penularan virus Corona. Jika Anda benar-benar ingin menggunakannya, pastikan untuk membersihkannya dengan benar karena virus, kuman dan bakteri di mesin ini dapat berpindah ke tubuh Anda dengan mudah.

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa kopi sendiri dari rumah yang diletakkan di dalam termos. Selain lebih hemat, opsi ini juga dapat menurunkan risiko penularan virus Corona melalui mesin pembuat kopi.

8. Sakelar dan Remote AC


Sakelar dan Remote AC
Getty Images/iStockphoto/GetUpStudio

Sakelar dan remote AC menjadi benda kantor berikutnya yang rawan menularkan virus Corona. Sakelar sering disentuh untuk menyalakan dan mematikan lampu, sedangkan remote AC kerap digunakan untuk mengatur suhu ruangan.

Meski sering digunakan, kedua benda ini terbilang jarang dibersihkan sehingga dapat dengan mudah memindahkan kuman, bakteri maupun virus. Oleh sebab itu, usahakan untuk membersihkan kedua benda ini secara berkala menggunakan cairan disinfektan.

9. Keyboard


Keyboard
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Keyboard atau papan ketik juga rentan dihinggapi oleh virus Corona, terutama jika digunakan oleh banyak orang. Benda satu ini menjadi tempat favorit kuman, virus maupun bakteri karena ada banyak orang yang makan di meja hingga tak sengaja menumpahkan makanan atau minuman yang bisa terciprat pada keyboard.

Untuk memastikan keamanannya, Anda harus membersihkan keyboard setiap hari menggunakan lap dan cairan disinfektan. Setelah membersihkannya, pastikan Anda mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama dua puluh detik.

10. Pegangan Tangga


Pegangan Tangga

Jika Anda terbiasa menggunakan tangga di kantor, sebaiknya berhati-hatilah mulai dari sekarang. Setiap harinya benda ini digunakan oleh banyak orang, sehingga besar kemungkinan bagi virus Corona menempel di permukaannya. Karena sekali lagi, kita tidak pernah tahu apakah tangan mereka bebas dari virus Corona atau tidak. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak berpegangan saat menaiki di tangga dan cobalah berjalan normal tanpa mengandalkan pegangan untuk menyanggah badan.

Demikian 10 benda kantor yang rawan ditempeli virus Corona yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips bekerja di kantor agar terhindar dari virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips mencegah penularan virus Corona saat menggunakan transportasi umum.

You can share this post!

Related Posts