Wali Kota Medan Positif Corona, Pemkot Ungkap Kondisinya
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19). Pemerintah Kota (Pemkot) Medan lantas mengungkapkan kondisinya saat ini.

WowKeren - Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) pada Rabu (5/8). Informasi ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah.

Aris menjelaskan jika Akhyar saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit setelah dinyatakan terpapar virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Meski demikian, Aris tidak mengungkapkan secara detail bagaimana kondisi pria yang juga akan kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan untuk kali kedua tersebut.

”Infonya (Akhyar terinfeksi COVID-19) dari Medan iya,” kata Aris Yudhariansyah, seperti dilansir dari Detik pada Rabu (5/8). “Saat ini dirawat di Royal (RS Royal Prima) dia.”

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara mengungkapkan Akhyar baru saja pulang dari Jakarta. Ia kemudian merasa kurang sehat dan memilih untuk dirawat di rumah sakit.


Mengetahui tindakan Akhyar yang memilih dirawat, Dinkes Sumut memberikan pujiannya. Wali Kota Medan tersebut dinilai menjadi sosok cerminan pemimpin yang baik karena tidak berpura-pura sehat.

”Pak Akhyar dirawat, dia karena pulang dari Jakarta, kurang enak badan, dia dirawat,” jelas Kadis Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan. “Itulah pemimpin yang baik, contoh. Jangan tidak enak badan pura-pura tidak sakit.”

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menjelaskan kondisi terkini Akhyar yang dinilai secara umum baik dan stabil. Suhu tubuh dan pernapasan Akhyar disebut dalam keadaan normal.

“Sekarang keadaan umum baik, stabil, dan terkendali,” papar Kadis Kesehatan Medan Edwin Effendi. “Keadaan umum itu temperatur, tekanan udara, pernapasan, total (secara) sainsnya itu bagus, dalam keadaan batas normal, stabil, dan terkendali oleh tim medis.”

Edwin menjelaskan jika Akhyar pertama kali mengeluhkan kurang sehat pada Senin (3/8) sore dengan gejala demam. Ia kemudian memeriksakan diri di rumah sakit dan paginya, Selasa (4/8) hasil swab test keluar dengan hasil positif COVID-19.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts