Terungkap, Ini Urutan Komorbid Terbanyak Pada Pasien Corona
AFP/Paolo Miranda
Health

Viral cerita wanita asal Pasuruan curhat dipaksa akui jika sang ibu meninggal akibat virus corona padahal diyakini karena diabetes. Berikut daftar komorbid terbanyak pada pasien COVID-19.

WowKeren - Viral seorang wanita di Pasuruan baru saja mengeluhkan jika ia dipaksa oleh rumah sakit mengakui sang ibu meninggal terinfeksi virus corona (COVID-19). Padahal, wanita bernama Tirani Ika Pratiwi ini meyakini jika sang ibu meninggal karena terkena diabetes.

Menurut ceritanya, ia mengisahkan ibunya yang mengidap diabetes dilabeli COVID-19 saat meninggal di RSUD dr R Soedarsono, Kota Pasuruan. Ia kemudian merasa dipaksa harus mengakui sang ibu terinfeksi virus corona jika ingin menjemput jenazah dengan menandatangani surat-surat persetujuan pemakaman sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Terlepas dari kasus tersebut, diabetes memang merupakan salah satu penyakit penyerta atau komorbid yang paling banyak ditemukan pada pasien virus corona. Akibatnya, pasien COVID-19 yang memiliki penyakit penyerta memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami dampak fatal, seperti kematian.

Dilansir Detik Health ada berbagai penyakit penyerta yang ditemukan pada pasien COVID-19 selama ini. Diantaranya adalah hipertensi, diabetes, dan bahkan kanker.

Berdasarkan laporan dari covid19.go.id, berikut merupakan urutan komorbid yang paling ditemukan pada pasien virus corona:

1. Hipertensi sebesar 50,5 persen

2. Diabetes Melitus sebesar 34,4 persen

3. Penyakit jantung sebesar 19,9 persen


4. Penyakit paru obstruktif kronis sebesar 10,1 persen

5. Gangguan napas lain sebesar 6,4 persen

6. Penyakit ginjal sebesar 6 persen

7. Hamil sebesar 4,9 persen

8. Asma sebesar 2,4 persen

9. Penyakit hati sebesar 2 persen

10. TBC (tuberkulosis) sebesar 1,9 persen

11. Gangguan imun sebesar 1,5 persen

12. Kanker sebesar 1,5 persen

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait