Pria Surabaya Reaktif COVID-19 yang 'Kabur' ke Pontianak Akhirnya Ditemukan
Nasional

Penumpang terkonfirmasi positif COVID-19 asal Surabaya yang kabur ke Pontianak berinisial IS (42) akhirnya ditemukan di Puskesmas pembantu (Pustu), Desa Jawa Tengah, Sungai Ambawang.

WowKeren - Seorang penumpang terkonfirmasi COVID-19 berinisial IS (42) akhirnya ditemukan. Pria itu ditemukan petugas kesehatan di Puskesmas pembantu (Pustu), Desa Jawa Tengah, Sungai Ambawang.

IS tiba di Pontianak pada Sabtu (1/8) lalu dan diketahui positif Corona berdasarkan hasil swab test RT-PCR. Pria asal Jombang, Jawa Timur itu sempat kabur dari penginapannya dan akhirnya ditemukan hari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan, membenarkan bahwa pria itu telah ditemukan oleh petugas kesehatan Pustu Jawa Tengah, Sri Mulyani. "Iya benar, data-data sesuai dengan pasien COVID-19 yang dicari. Ditemukan di Desa Jawa Tengah Sungai Ambawang," ujar Marijan, Rabu (5/8). "Saat ini tengah dijemput petugas ambulans, kami didampingi Polsek Sungai Ambawang dan petugas kesehatan kami, dan kepala Dinas Kesehatan kota Pontianak Sidiq Handanu ada di lokasi."

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, mengatakan pasien ini sudah dibawa oleh petugas kesehatan Puskesmas Sungai Ambawang dan Pustu Jawa tengah ke Rusunawa di Jalan Nipah Kuning Dalam. Pria ini telah membuat heboh dan menimbulkan kekhawatiran menularkan virus corona ke orang lain selama pelariannya.


Seperti yang diketahui, IS merupakan salah satu penumpang pesawat Citilink dari Surabaya tujuan ke Pontianak kabur setelah menjalani pemeriksaan swab dan hasilnya positif. Ia sempat menginap semalam di hotel Jeruju, Pontianak. Namun saat hendak dijemput petugas untuk diisolasi, ia lebih dulu meninggalkan kamarnya.

Adanya kasus ini, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat langsung mengeluarkan surat edaran sekaligus imbauan agar pasien COVID-19 ini menyerahkan diri, atau keluarga langsung menyerahkan kepada petugas agar tidak ada penularan COVID-19.

"Mohon perhatian kepada masyarakat Pontianak dan sekitarnya, tuan IS (42) alamat asal Jombang, Jawa Timur, yang bersangkutan datang dari Surabaya dengan penerbangan Citilink, QG 420, Sabtu, tanggal 1 Agustus 2020 hasil pemeriksaan Swab RT-PCR, positif Covid 19," tulis kepala Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, Rabu (5/8).

Sebelumnya, sejumlah penumpang dari Surabaya yang dinyatakan reaktif saat uji rapid test massal berhasil tiba di Bandara Supadio Pontianak. Hal ini tentunya menuai kritikan dari berbagai pihak terutama pihak bandara dan maskapai yang dipertanyakan pengawasannya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru