Yuk Mulai Hidup Sehat, 7 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Bantu Kalian Atasi Kecanduan Rokok Loh!
Kuliner

Mengatasi kecanduan memang tak mudah. Pecandu harus secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang diisap setiap harinya. Selain itu beberapa makanan juga bisa membantu untuk mengatasi kecanduan.

WowKeren -

Bukan rahasia lagi jika merokok bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini karena kandungan nikotin dalam rokok. Nikotin menimbulkan efek kesenangan sementara di otak, yang membuat seseorang ketergantungan. Akibatnya, orang yang kecanduan nikotin akan merasa cemas dan mudah marah jika tiba-tiba tubuhnya tidak mendapatkan asupan nikotin.

Di sisi lain, racun yang terkandung dalam rokok menyebabkan individu yang kecanduan nikotin memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung, stroke, dan kanker dibanding mereka yang tidak merokok. Untuk itu penting bagi orang yang sudah kecanduan merokok untuk perlahan-lahan berhenti merokok.

Mengatasi kecanduan memang tak mudah. Pecandu harus secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang diisap setiap harinya. Selain itu beberapa makanan juga bisa membantu untuk mengatasi kecanduan. Berikut tim WowKeren rangkum beberapa jenis makanan yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi kecanduan merokok. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan

Selain bergizi, kacang-kacangan bisa dijadikan camilan untuk menghilangkan kecanduan merokok. Kacang yang kaya akan serat, seperti kacang polong, kacang merah atau kacang kedelai, dapat membuat kalian tetap kenyang.

Mengonsumsi kacang sebagai camilan akan membantu mengalihkan perhatian dari keinginan untuk merokok, tanpa membuat berat badan kalian bertambah. Namun, pastikan kacang yang kamu konsumsi tidak mengandung banyak garam atau penyedap rasa. Selain itu, pastikan juga kacang tidak diolah dengan cara digoreng ya.

2. Susu


Susu

Jika kalian penggemar susu, kalian bisa manfaatkan minuman ini sebagai pengganti rokok. Menurut penelitian dari Duke University, Amerika Serikat, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok akan membuat rokok memiliki rasa yang sangat pahit. Jadi, cobalah minumlah susu setiap kali kalian merasa ingin merokok.

Selain itu, produk olahan susu seperti yoghurt juga bisa membantu mengatasi kecanduan rokok. Bagi kalian yang tidak ingin atau tak suka meminum susu, yogurt bisa menjadi alternatif pilihan baik lainnya. Sama dengan susu, yogurt juga dapat merubah rasa rokok menjadi tidak enak.

3. Permen Karet


Permen Karet

Permen karet mungkin menjadi salah satu makanan yang sering direkomendasikan bagi kalian yang ingin berhenti merokok. Bukan tanpa alasan, permen karet memang bisa menjadi pilihan camilan yang tepat untuk masa-masa awal berhenti merokok. Dengan permen karet, kalian akan sibuk mengunyah dan melupakan rokok dengan lebih mudah.

Permen karet juga bisa kalian dapatkan dalam berbagai rasa yang unik, mulai dari mint yang segar, rasa buah yang manis, bahkan dalam aroma rempah yang unik. Pilih permen karet dengan rasa yang paling tepat, agar kalian tidak bosan untuk mengunyahnya.

4. Popcorn


Popcorn

Sama seperti permen karet dan kacang-kacangan, makanan ringan yang biasa dikonsumsi saat menonton di bioskop ini juga bisa membantumu menghindari kebiasaan merokok. Selain membuat kalian sibuk mengunyah sehingga melupakan keinginan untuk merokok, makan popcorn juga akan membuat perut cepat kenyang.

Popcorn merupakan pilihan camilan yang tepat karena kaya akan serat dan rendah kalori. Tapi ingat, pastikan popcorn yang kalian konsumsi tidak mengandung butter atau garam ya.

5. Oat


Oat

Oat bisa menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan bagi para perokok yang ingin berhenti merokok. Dalam salah satu penelitian di Jepang, terbukti bahwa perokok akan mengurangi konsumsinya hingga 50 persen dengan mengonsumsi oat.

Agar hasilnya lebih optimal, kalian bisa mencampurkan ground oat dengan dua gelas air panas, lalu diamkan selama semalam. Konsumsi olahan oat ini keesokan harinya, tepatnya beberapa jam setelah sarapan.

6. Buah Jeruk


Buah Jeruk

Makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok yang pertama adalah buah-buahan. Kamu bisa memilih beberapa buah-buahan segar seperti jeruk yang kaya vitamin C. Buah tersebut dapat membantu membersihkan radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

Selain itu, berdasarkan penelitian di Inggris, konsumsi jeruk secara teratur dalam 21 hari bisa membuat 79% perokok aktif mengurangi kebiasaan merokok, 21% lainnya bahkan bisa berhenti total. Untuk rasa yang lebih segar, kalian bisa mengkonsumsi jeruk ini dalam bentuk jus atau bahkan dimakan secara langsung.

7. Wortel


Wortel

Selain buah-buahan, tentunya salah satu makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok lainnya adalah sayur. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk perokok yang ingin berhenti merokok adalah wortel. Cara mengonsumsi makanan ini dengan cara dijadikan jus. Jus wortel dapat membantumu menghentikan keinginan merokok.

Sama halnya dengan efek yang diberikan susu, saat kamu meminum jus wortel sebelum merokok, maka rokok akan terasa mengerikan dan tidak senikmat biasanya. Selain itu, kamu juga bisa memilih variasi sayuran yang akan kalian konsumsi. Kalian bisa juga mengonsumsi sayuran dalam bentuk camilan agar lebih mudah dimakan dimana saja.

Selain itu, simak juga artikel ini untuk melihat beberapa rekomendasi makanan dan minuman untuk atasi rasa cemas berlebihan kalian. Simak juga yuk beberapa obat alami yang bisa kalian gunakan untuk tipes di sini.

You can share this post!

Related Posts