Warga Lebanon Murka Usai Tahu Ledakan Beirut Disebabkan Faktor Kelalaian
Dunia
Ledakan Besar Beirut

Kemarahan publik terhadap pemerintah Lebanon pecah setelah investigasi awal mencium faktor kelalaian pejabat turut menyebabkan ledakan besar di Kota Beirut pada Selasa (4/8) yang makan ribuan korban.

WowKeren - Kemarahan publik terhadap Pemerintah Lebanon kian tak terbendung usai investigasi awal mencium faktor kelalaian pejabat turut menyebabkan ledakan besar di Kota Beirut pada Selasa (4/8) waktu setempat. Dikutip dari Associated Press (AP), penyelidikan awal menduga jika ledakan dahsyat tersebut berasal dari ribuan ton amonium nitrat yang disimpan pada gudang di pelabuhan.

Investigasi lantas difokuskan untuk mencari tahu alasan 2.750 ton amonium nitrat dapat tersimpan di salah satu gudang pelabuhan Beirut selama enam tahun lamanya. Sekedar informasi, amonium nitrat merupakan bahan kimia berdaya ledak tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk.

Pelabuhan Beirut dan kantor bea cukai disebut memiliki reputasi sebagai instansi korup dan dipegang oleh berbagai faksi politik, termasuk Kelompok militan Syiah, Hizbullah. Oleh karena itu, Jaksa Agung Libanon Ghassan Oueidat memerintahkan badan keamanan setempat untuk melakukan investigasi terhadap surat-surat terkait penyimpanan material tersebut, termasuk membuat daftar pejabat terkait yang bertanggung jawab pada perawatan, penyimpanan, dan perlindungan gudang.


Sementara itu, otoritas setempat telah menetapkan pejabat pelabuhan Beirut sebagai tahanan rumah. Pejabat pelabuhan Beirut yang bertugas mengawasi penyimpanan amoniun nitrat sejak 2014 silam tersebut untuk sementara dinilai bertanggung jawab atas tragedi yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Meski belum dijelaskan secara rinci siapa saja dan berapa jumlah pejabat yang ditetapkan sebagai tahanan rumah, para pejabat tersebut telah mendapat pengawasan dari pihak tentara. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Informasi Lebanon, Manal Abdel Samad.

Adapun korban yang berjatuhan akibat tragedi tersebut diketahui 135 korban jiwa dan 5.000 orang mengalami luka-luka. Selain itu, ledakan besar ini langsung membuat area pelabuhan setempat hancur dan meratakan banyak gedung di sekitar.

Tak sampai disitu, ledakan masif ini juga telah memunculkan kawah di Beirut. Kawah tersebut dilaporkan memiliki diameter berukuran 405 kaki atau sekitar 124 meter.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts