Dinilai Paling Tak Aman di Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 Indonesia
Facebook/Steve Krecik
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Deep Knowledge Group menilai Indonesia tak tanggap mengatasi wabah COVID-19, namun WN AS bernama Steve Krecik ini berpandangan lain. Begini pengakuan Krecik selengkapnya.

WowKeren - Pada Rabu (5/8) kemarin Indonesia mendapat "kabar buruk" soal peringkat negara teraman dari COVID-19 di dunia versi Deep Knowledge Group. Rupanya konsorsium forum investasi itu menilai Indonesia ada di urutan ke-97 dari 100 negara teraman dari COVID-19.

Namun tampaknya fakta di lapangan cukup berbeda dengan penilaian dari Deep Knowledge Group. Sebab seorang WN Amerika Serikat bernama Steve Krecik justru menilai penanganan COVID-19 di Indonesia jauh lebih baik, bahkan ketimbang negaranya sendiri.

Pujian ini secara gamblang Krecik sampaikan lewat status di Facebook-nya. Konsultan Independen di Forest and Agriculture Sustainability, Denpasar, Bali ini membagikan kisahnya ketika harus bertolak kembali ke Bali.

"Aku ingin menyoroti bagaimana negara yang cukup luas menangani pandemi COVID-19," ujar Krecik sebagai pembuka "essay" di status Facebook-nya, Selasa (4/8). "Dan kontras dengan cara kita yang bahkan lebih kacau menanggapi kasus ini."

Krecik mengaku tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat, 30 Juli 2020. "Sebenarnya (saat itu) menjelang liburan nasional tetapi petugas tetap bekerja, mengarahkan kami untuk berbaris rapi dan diukur suhu serta saturasi oksigennya," ujar Krecik.

Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-1

Facebook

Para pengunjung yang sudah duduk dalam barisan rapi itu kemudian diminta mengisi formulir soal status kesehatan masing-masing, sebelum diangkut dengan bus menuju fasilitas karantina pemerintah. Krecik dan rombongan kemudian mendapatkan kudapan serta handuk bersih sebelum diminta beristirahat.

Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-2

Facebook


Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-3

Facebook

Keesokan harinya, Krecik dan rombongan harus menjalani tes PCR yang hasilnya keluar dalam tiga hari. Selama masa itu, para penumpang diminta untuk tetap mengisolasi diri dengan disediakan makanan bergizi lengkap tiga kali sehari, semua dilayani oleh TNI.

Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-4

Facebook

"Dan catat, ini adalah hal terpenting, semua yang disediakan, tes, makanan, tempat tinggal, semua disediakan secara gratis," tutur Krecik, dikutip pada Kamis (6/8). "Semua diberikan dengan pelayanan yang ramah dan menyenangkan."

Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-5

Facebook

Peringkat \'Buncit\' Dunia, WN AS Ini Malah Puji Penanganan COVID-19 di Indonesia-6

Facebook

Krecik lantas membandingkan situasi ini dengan penanganan di Bandara O'Hare yang disinggahinya lima pekan sebelumnya. Menurutnya pelayanan di Soekarno Hatta jauh berbeda dengan petugas "kasar" di Bandara O'Hare.

"Indonesia adalah negara berkembang, tetapi bisa menyediakan asuransi kesehatan individu," puji Krecik. "Dan terlepas dari negara yang sangat besar dengan 18 ribu pulau tersebar dalam jarak empat ribu mil, Indonesia bisa mengatasi COVID-19 secara ilmiah."

"Mereka berusaha keras mengatasi COVID-19 dengan semua keterbatasan yang ada, sedangkan kita (AS) kalah saat berjuang," imbuh Krecik. "God bless Indonesia, and God help America (Tuhan memberkati Indonesia dan Tuhan, tolong Amerika)."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts