Aman dan Berkhasiat, Ini 8 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Melancarkan Haid
Health

Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, lebih baik menggunakan berbagai bahan alami untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Pada umumnya siklus menstruasi memiliki rata-rata 28 hari dihitung sejak hari pertama periode ke hari pertama berikutnya. Namun setiap perempuan biasanya mengalami siklus haid yang berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh mereka. Ada yang normal ada juga yang tidak lancar hingga terasa sangat nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa haid yang tidak teratur sering dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat dan konsumsi makanan sembarangan. Untuk melancarkan haid, para wanita biasanya akan mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan berbahan kimia.

Padahal sebenarnya ada banyak sekali bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan haid. Cara ini memang membutuhkan kesabaran, namun terbilang lebih aman karena tidak akan memberi efek samping berbahaya bagi tubuh. Lantas, apa saja sih bahan alami tersebut? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jahe


Jahe

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk melancarkan haid adalah jahe. Hal ini dikarenakan jahe mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh seperti minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Menariknya, jahe tak hanya mampu melancarkan haid namun juga untuk meredakan kram perut saat menstruasi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan. Caranya konsumsi jahe dalam bentuk teh atau jus segar dengan sedikit madu. Minum ramuan tersebut setiap pagi dalam kondisi perut kosong selama beberapa hari dan rasakan manfaatnya.

2. Kayu Manis


Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang bisa membuat masakan terasa lebih lezat. Di balik manfaatnya tersebut, kayu manis ternyata dapat melancarkan siklus menstruasi. Hal ini dikarenakan kayu manis dapat membantu mengatur kadar insulin di dalam tubuh yang berpengaruh pada siklus menstruasi.

Cara mengolahnya pun sangat mudah. Sebab kamu bisa mengkonsumsi 500 miligram kayu manis atau setara dengan 2-4 ml yang dicampur dengan teh. Konsumsi ramuan tersebut secara rutin sebanyak tiga kali sehari.

3. Cuka Sari Apel


Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami berikutnya yang dapat digunakan sebagai obat alami pelancar haid. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013, cuka sari apel dapat mengembalikan menstruasi ovulasi pada perempuan dengan PCOS jika dikonsumsi sebanyak 15ml setiap hari. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut karena studi ini hanya melibatkan tujuh orang peserta.

Di samping itu, cuka sari apel juga dapat membantu menurunkan berat badan serta menurunkan kadar gula dan insulin. Agar rasanya tidak terlalu pahit, sebaiknya encerkan cuka sari apel dengan air dan satu sendok makan madu.

4. Nanas


Nanas

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur diakibatkan karena terjadinya peradangan dalam tubuh. Untuk mengatasi hal itu, kamu dapat mengkonsumsi nanas karena mengandung enzim bromelain yang bersifat antiperadangan. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam buah nanas juga dapat mengurangi kram perut saat sedang haid.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengolah nanas sebagai jus dan meminumnya secara rutin setiap hari. Jika ingin manfaatnya lebih optimal, makan 7 hingga 10 buah nanas segar dalam satu waktu.

5. Kunyit


Kunyit

Kunyit kerap dijadikan obat alami untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena mengandung kurkumin yaitu zat antiinflamasi dan antioksidan. Salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan menstruasi karena memiliki fungsi yang mirip dengan hormon estrogen.

Cara melancarkan haid dengan kunyit cukup sederhana sebab kamu hanya perlu meminum kunyit yang telah dijadikan jamu secara rutin. Bila tak menyukai rasanya, kamu bisa mencampur 100-500 miligram kunyit dengan teh, madu maupun susu.

6. Pepaya


Pepaya

Bahan alami berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk melancarkan haid adalah pepaya. Pepaya mentah dapat merangsang kontraksi di dalam rahim dan membantu menginduksi menstruasi. Manfaat ini didapat dari kandungan karoten yang ada di dalamnya.

Caranya kamu hanya perlu mengkonsumsi pepaya mentah atau yang telah diolah menjadi jus sebanyak dua kali sehari. Sedangkan di sekitar pertengahan siklus menstruasi, sebaiknya minum satu cangkir jus pepaya atau satu mangkuk pepaya segar.

7. Seledri


Seledri

Meski sederhana, seledri juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid. Bahan alami satu ini benar-benar aman dan kerap direkomendasikan para dokter untuk dikonsumsi sebagai obat alami pelancar haid.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut sangatlah mudah. Sebab kamu hanya perlu meminum jus seledri segar sebanyak dua kali sehari untuk merangsang aliran darah ke panggul dan rahim. Dengan begitu, menstruasi akan menjadi lebih lancar.

8. Air Kelapa Hijau


Air Kelapa Hijau

Bahan alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah air kelapa hijau. Cairan menyegarkan ini mengandung senyawa larut yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit serta berfungsi sebagai antibakteri, anti jamur dan anti virus. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak sekali gizi baik yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Demikian delapan bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan haid. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait