Sebabkan Penyakit Jantung Hingga Kanker, Ini 8 Efek Samping Konsumsi Protein Secara Berlebihan
Pixabay
Health

Protein memang memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, protein justru menjadi bumerang yang berbahaya bagi tubuh. Penasaran apa saja efek sampingnya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak?

WowKeren - Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting bagi tubuh karena dapat menjadi sumber energi, bekerja sebagai neurotransmiter, pembawa oksigen dalam darah serta memperbaiki dan membangun sel-sel yang rusak. Asupan protein dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi daging, ikan, telur, susu, biji dan kacang-kacangan, ekstrak jamur dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, kelebihan protein justru dapat berdampak buruk bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan protein yang seimbang, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan kita rentan terserang berbagai penyakit. Karena itulah para ahli menyarankan agar kita mengkonsumsi protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa efek samping yang ditimbulkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi protein. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Bau Mulut


Bau Mulut
Shutterstock/Seasontime

Bagi kamu yang tak ingin bermasalah dengan bau mulut, sebaiknya jangan mengkonsumsi protein secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat dapat memunculkan senyawa yang tidak sedap di dalam mulut.

Ketika tubuh menggunakan protein sebagai sumber energi dan bukannya karbohidrat, hasil metabolismenya dapat menyebabkan ketosis. Kondisi ini dapat menghasilkan bahan kimia berbau busuk. Sehingga untuk mengatasinya, kamu sebaiknya memperbanyak konsumsi air putih, menyikat gigi lebih sering atau mengunyah permen karet.

2. Meningkatkan Risiko Kanker


Meningkatkan Risiko Kanker

Kanker dikenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kelebihan protein. Di antara jenis makanan berprotein yang dapat menyebabkan kanker adalah daging merah dan susu berlemak.

Dilansir dari laman Medicalnewstoday, mengkonsumsi protein dari daging merah secara berlebihan kerap dikaitkan dengan kanker kolorektal, prostat hingga payudara. Para ilmuwan percaya jika hal ini disebabkan karena kandungan senyawa karsinogenik dan lemak yang ada di dalam daging merah.

3. Menyebabkan Penyakit Ginjal


Menyebabkan Penyakit Ginjal

Konsumsi protein dalam jumlah banyak ternyata juga dapat menyebabkan penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena terjadinya kelebihan nitrogen dalam asam amino yang membentuk protein dalam tubuh. Akibatnya, ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyingkirkan nitrogen tambahan dan sisa metabolisme protein. Jika kondisi ini terus berlangsung, ginjal akan mengalami kerusakan secara perlahan.

4. Sembelit


Sembelit
Shutterstock

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara berlebihan juga dapat menyebabkan sembelit. Sembelit sendiri merupakan suatu kondisi di mana frekuensi buang air besar jauh lebih sedikit dari biasanya. Hal ini dikarenakan kotoran di dalam tubuh akan mengeras atau kering sehingga tidak bisa keluar dengan lancar.

Jika kamu mengkonsumsi protein secara berlebihan, tubuh berpotensi kehilangan cairan dan menyebabkan sembelit. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis seperti kanker. Karena itulah pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dan serat jika kamu sedang diet tinggi protein.

5. Penyakit Jantung


Penyakit Jantung

Terlalu sering mengkonsumsi protein dari daging merah dan susu tinggi lemak ternyata dapat memicu penyakit jantung. Efek samping ini disebabkan karena dua makanan tersebut mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi yang merupakan musuh bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam European Heart Journal menyatakan bahwa konsumsi daging merah dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kadar trimethylamine N-oxide (TMAO). TMAO sendiri merupakan senyawa di pencernaan yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung.

6. Meningkatkan Berat Badan


Meningkatkan Berat Badan
Shutterstock/Andrey_Popov

Ada banyak orang yang melakukan diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan. Cara ini memang cukup ampuh, namun hanya bersifat jangka pendek. Pasalnya, mengkonsumsi protein secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang cukup signifikan dan obesitas.

Protein yang dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino akan diekskresikan. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan berat badan secara perlahan dari waktu ke waktu. Karena itulah sebaiknya konsumsi protein sewajarnya saja dan pilih metode diet yang lebih sehat.

7. Dehidrasi


Dehidrasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan protein yang tinggi dapat menurunkan tingkat hidrasi, sehingga tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi ini disebabkan karena protein akan dipecah menjadi asam amino yang dapat membuat tubuh kehilangan cairan.

Meski dianggap sebagai salah satu gangguan kesehatan yang tidak perlu penanganan serius, dehidrasi tetap perlu diwaspadai. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi bisa mengganggu jalannya fungsi tubuh. Karena itu, saat mengkonsumsi makanan berprotein tinggi sebaiknya imbangi dengan makanan yang mengandung serat dan minum air secukupnya.

8. Kehilangan Kalsium


Kehilangan Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi serta mendukung kinerja sistem saraf dan menghambat berbagai macam penyakit. Namun ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kalsium dalam tubuh menghilang, salah satunya adalah kelebihan protein.

Asam yang dilepaskan setiap kali mengkonsumsi protein akan sulit dicerna oleh kalsium. Akibatnya, kalsium akan terkikis secara perlahan sehingga memicu kerusakan tulang dan membahayakan kesehatan tubuh. Kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan?

Demikian delapan efek samping mengkonsumsi protein secara berlebihan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa dampak buruk yang akan kamu dapatkan jika jarang mandi sore. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya terlalu sering duduk dengan menyilangkan kaki.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait