Ingin Coba Hidup Di Mars, Kunjungi 6 Negara Ini Yang Diklaim Mirip Dengan Planet Merah
Shutterstock
SerbaSerbi

Penasaran seperti apa rasanya hidup atau berkunjung ke Mars? Kunjungi 6 negara ini yang disebut-sebut memiliki kemiripan hingga sensasi seperti Planet Merah. Dimana saja?

WowKeren - Planet Mars selama ini kerap disebut-sebut sebagai planet yang paling memiliki banyak kemiripan dengan Bumi. Bahkan, Planet Mars digadang-gadangkan akan menjadi planet pengganti Bumi jika sampai datang skenario terburuk di masa depan.

Tentunya hal tersebut membuat masyarakat banyak bertanya-tanya seperti apa Planet Mars jika dilihat secara langsung. Sejumlah astronaut sendiri telah menyatakan jika banyak lokasi-lokasi di Bumi yang memiliki begitu mirip dengan Planet Merah.

Dilansir dari Kumparan, setidaknya ada 7 lokasi di Bumi yang tersebar di 6 negara dan digadang-gadangkan memiliki kemiripan dengan Planet Mars. Berikut merupakan daftarnya:

1. California, Amerika Serikat: Death Valley

Death Valley

Berbagai Sumber

Lokasi yang diklaim memiliki kemiripan dengan Mars adalah Death Valley, California, Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian dan pengujian ekstensif selama beberapa dekade di Death Valley, ilmuwan mengungkap batuan kuno di lokasi tersebut mirip dengan medan keras di Mars.

Death Valley sendiri merupakan bagian paling rendah, paling kering, dan terpanas di Amerika Utara. Lembah ini memiliki panjang sekitar 225 kilometer dengan lebar 8-24 kilometer. Walaupun Death Valley disebut jauh lebih panas daripada Mars, namun keduanya memiliki kesamaan terkait medan yang berbatu.

Oleh sebab itu, warga yang penasaran seperti apa planet Mars dapat berkunjung di Death Valley. Disana, masyarakat seolah-olah dapat mengunjungi Bukit Mars yang ditutupi dengan puing-puing gunung berapi dan bebatuan, serta berjalan-jalan ke Bukit Pasir Datar Mesquite, bidang gunung berapi Kawah Ubehebe, dan Kawah Hebe Kecil.

2. Antartika: Danau Vostok Dan Lembah Kering McMurdo

Antartika memiliki dua lokasi yang diklaim mirip dengan Mars, yakni danau Vostok dan lembah kering McMurdo. Danau vostok sendiri merupakan sebuah danau yang telah berada di Benua Antartika selama jutaan tahun. Danau ini tersembunyi di balik lapisan tebal es sehingga jarang terlihat.

Walau lokasi ini memiliki suhu rata-rata sekitar minus 80 derajat Fahrenheit, suhu di danau tersebut justru diyakini sekitar 27 derajat Fahrenheit karena beratnya es di atasnya. Para ilmuwan percaya bahwa danau air tawar bisa memiliki makhluk hidup dalam kegelapan dan dingin yang ekstrem.

Danau tersebut mengandung mikroba dan organisme multiseluler yang diklaim mirip dengan Mars. Ilmuwan percaya jika kehidupan dapat ditemukan di lingkungan yang sama ekstremnya seperti Mars jika memiliki mikroba.

Sementara itu, lembah kering McMurdo merupakan lembah yang terletak di sebelah barat McMurdo Sound di Victoria Land. Lembah ini tidak bersalju dan disebut sebagai lingkungan terestrial terdekat yang mirip dengan wilayah paling utara Mars.

Menurut peneliti, kutub utara Mars mungkin telah mendukung kehidupan pada satu waktu, karena menerima lebih banyak sinar matahari jutaan tahun yang lalu. Mereka kemudian menemukan sebidang tanah yang menutupi lapisan es di kutub utara Planet Merah, dimana lingkungannya sangat mirip seperti Lembah Kering.

3. Chili Utara: Gurun Atacama


Gurun Atacama

Berbagai Sumber

Lokasi yang dinilai memiliki kemiripan dengan Planet Mars adalah Gurun Atacama yang terletak di Chili Utara. Atacama sendiri diklaim menjadi gurun paling tua dan kering yang berada di Bumi. Bahkan saking keringnya, gurun ini tidak pernah diguyur hujan selama 400 tahun terakhir.

Ahli Mikroorganisme dari Universitas Negeri Louisana, Fred A. Rainey menyatakan jika keringnya Gurun Atacama tersebut sama dengan tanah yang berada di Mars. Rainey juga mengungkapkan jika Atacama sebenarnya tidak terlalu panas meskipun tidak pernah diguyur hujan.

Wisatawan yang penasaran dengan gurun Atacama ini sendiri dapat mengunjunginya agar merasakan sensasi hidup di Mars. Menariknya, banyak yang bisa dilakukan wisatawan di gurun Atacama selain mencoba sensasi tinggal di Mars. Salah satunya adalah star gazing atau menikmati pemandangan langit malam.

4. Kanada: Devon Island

Lokasi selanjutnya yang mirip dengan Mars adalah pulau Devon yang terletak di Teluk Baffin, Region Qikiqtaaluk, Nunavut. Pulau dengan luas 55.247 km persegi ini menjadi pulau tak berpenghuni tersebar yang berada di Bumi.

Pulay ini cukup disebut mirip dengan Mars memiliki suhu yang dingin dan kering. Para peneliti kerap menjadikan pulau ini sebagai lokasi penelitian untuk memahami Planet Mars lebih jauh.

Pulau Devon memiliki sebuah kawah berusia 23 juta tahun yang bernama Kawah Haughton. Kawah ini telah menjadi tempat misi NASA sejak 1997. Baru-baru ini, para ilmuwan telah menguji bor dalam skala besar yang bernama Mars-prototipe di sebuah lokasi di dalam kawah yang mirip dengan Mars di Bumi.

5. Turki: Danau Salda

Danau Salda

Berbagai Sumber

Salah satu danau di Turki disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Kawah Jazero yang ada di Mars. Hal ini diungkapkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) yang engah melakukan penelitian di Danau Salda, Turki.

Dilansir Anadolu Agency, kelompok peneliti NASA mengungkapkan bahwa kesamaan tersebut dilihat dari susunan mineral yang dipantau dengan penginderaan jauh dan morfologis. Jernihnya air danau dan pantai pasir putihnya disebut memiliki banyak kesamaan dengan Kawah Jezero.

Garis pantainya yang berwarna unik bernama hydromagnesite dan begitu mirip dengan mineral karbonat di Jezero. Bahkan, warna garis pantai tersebut menjadi satu-satunya di Bumi.

6. Yordania: Wadi Rum

Lokasi terakhir yang digadang-gadangkan mirip dengan Mars adalah gurun Wadi Rum di Yordania. Kemiripan ini terletak pada warna gurun dan bukit yang berbatu merah. Gurun Wadi Rum sendiri berlokasi di Yordania bagian selatan, tepatnya di kota Aqaba dan masih berada di kawasan yang dekat dengan Petra.

Selain itu, kemiripannya dengan Mars lantaran terdapat sebuah gurun spektakuler, dengan pasir merahnya yang berkilau, bukit pasir yang megah, serta formasi batuan yang menakjubkan. Karena kemiripannya dengan Planet Mars, Wadi Rum bahkan sempat dijadikan lokasi syuting film “Star Wars.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts